• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tahun Ini, Pemkab Basel Targetkan PAD Capai Rp47 Miliar

Selasa, 11 Februari 2020 | 14:11 WIB
Kabid Penerimaan Daerah Bakuda Basel Susanti. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pemkab Bangka Selatan (Basel) memasang target untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp47 miliar pada APBD induk tahun 2020 ini.

Namun, angka tersebut masih bisa berubah pada anggaran perubahan nanti. Artinya, pemkab masih akan melihat potensi yang didapat selama 6 bulan kedepan.

"Misal target enam bulan ke sini tercapai, insya allah kalau potensi didapat besar target itu akan kita naikkan lagi," ujar Kabid Penerimaan Daerah Bakuda Basel Susanti, Selasa (11/2).

Kata Susanti jika pendapatan yang diterima tidak memungkinkan untuk tercapai, maka pihaknya akan menurunkan target tersebut. Tentu mereka akan berupaya agar target itu bisa terealisasi.

"Untuk upayanya awal tahun ini kita akan pendataan ulang. Terutama restoran, potensi-potensi dari BPHTB seperti adanya pengajuan untuk HGU dan HGB," ujarnya.

Menurut dia, tim bakuda telah dikerahkan sesuai tupoksinya masing-masing untuk mendata potensi-potensi pendapatan. Juga MoU dengan instansi terkait agar efektif menagih pajak.

"Sesuai dengan intruksi KPK kemarin, kita akan MoU dengan instansi terkait dalam menagih pajak. Seperti BPN, dinas capil, terus BPHTB kita akan datangi perusahaan perkebunan," ujarnya.

Upaya jemput bola akan dilakukan dengan mendatangi perusahaan perkebunan agar mereka mendaftarkan hak atas tanah. Sebab, kalau tidak, mereka agak sulit untuk memenuhi kewajibannya.

"Upaya kita ialah akan lebih aktif dalam menagih pajak-pajak. Kalau ke masyarakat itu tadi, paling ke BPHTB, PBB, karena setiap SPPT itu, kita sampaikan itu," jelasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com