• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Selain Tak Berfungsi, Kepemilikan Saluran PDAM 4 Desa di Basel Juga Belum Jelas

Selasa, 11 Februari 2020 | 12:19 WIB
Anggota Komisi III DPRD Basel Samsir. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Saluran PDAM yang ada di Desa Ranggung, Pangkalbuluh, Irat, dan Bedengung Bangka Selatan kondisinya saat ini dibiarkan tidak berfungsi. Semua saluran PDAM di empat desa itu sampai dengan saat ini pun belum jelas statusnya. Apakah sudah serah terima ke pemerintah atau belum. 

Hasil penelusuran Komisi III DPRD Basel, pembangunan sumber daya air antara program PDAM dan PAM SIMAS banyak terbengkalai dan tumpang tindih.

Anggota Komisi III DPRD Basel Samsir, Selasa (11/2) siang kepada wartawan mengatakan kegiatan tersebut merupakan tanggung jawab Dins PUPR dengan Cipta Karya. Untuk itu, pihaknya akan melakukan konsultasi ke Balai Sumber Daya Alam Babel.

"Dan akan memanggil Dinas PUPRP Basel untuk mempertanyakannya. Kita akan tanyakan status jaringan PDAM di setiap desa yang sudah terpasang namun cenderung tumpang tindih dengan PAM SIMAS, program Dinas PU melalui Cipta Karya," ujarnya.

Kata Samsir, hasil konsultasi Komisi III DPRD Basel ke balai SDA Kementerian PU di Palembang Sumsel, disebutkan bahwa tahun 2020 ini, Basel kembali mendapatkan dana untuk irigasi.Yakni untuk sawah di Desa Rias sebesar Rp12 miliar.

"Sawah Dungun 9 miliar, di Batubetumpang 7 miliar serta kelanjutan pengaman pantai Sebagin 10 miliar. Namun kenapa program PDAM dan PAM SIMAS ada yang belum berjalan, terkesan terbengkalai, tumpang tindih," ujarnya.

Upaya itu dilakukan untuk mencari solusi bersama-sama agar masyarakat dapat menikmati program air bersih. Begitu juga dengan bantuan irigasi sawah dari pusat semoga dapat dilaksanakan dengan baik pembangunannya.

"Kita akan carikan solusinya kenapa hal ini bisa terjadi agar masyarakat dapat menikmati program air bersih. Irigasi sawah dari pusat juga, kita akan kawal sehingga hasil produksi beras terus meningkat dan swasembada beras segera terpenuhi," harapnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com