• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


156 Pegasing Ikut Lomba Gasing Piala Bupati Bangka Tengah

Selasa, 11 Februari 2020 | 20:55 WIB
Lomba gasing piala bupati bangka tengah
Loading...

Klikbabel.com, Simpangkatis - Sebanyak 156 pegasing ambil bagian dalam lomba gasing memperebutkan piala Bupati Bangka Tengah, Selasa (11/02/2020), di Stadion Ngensanak Bergasing Desa Puput Kecamatan Simpang Katis Bangka Tengah.

Klik Juga : Rp 4 Miliar untuk Pengembangan Bawah Laut Belitung Timur

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh mengatakan, sangat mendukung dan bersyukur dengan adanya lomba ini. Sebab kegiataan ini dapat berkumpulnya para pecinta permainan olahraga tradisional gasing se Babel. "Tentunya diutamakan mental juara, namun tetap selalu menjaga sportivitas yang paling utamanya adalah silaturahim kita, dengan adanya kegiatan seperti ini, hari ini kita bisa bertemu dalam rangka silaturahim Pegasing se Babel," kata Ibnu.

Ibnu menambahkan, untuk membangkitkan lagi olahraga tradisional tidak hanya membangun fisik saja, namun sangat diperlukan juga membangun seni, agar hati dalam diri selalu tenang, damai, cantik jika dengan seni. "Kami sangat mendukung kegiataan ini, semoga dapat berjalan lancar sampai dengan selesai. Teruslah beraktivitas, berinovasi sehingga di tahun yang akan datang lebih besar dan ramai lagi," ujarnya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suhartomenginginkan agar permainan olahraga tradisional seperti gasing agar tetap dijaga kelestariannya. "Permainan olahraga tradisional ini agar terus digali dan di jaga kelestariannya, karena ini warisan leluhur jangan sampai punah," ingatnya.

Untuk tahun ini akan dilombakan Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat nasional, yang akan diselenggarakan di Kabupaten Belitung timur. Sehingga pemain gasing Babel dapat berprestasi hingga ke tingkat dunia.

Sementara, Zakaria Ketua panitia menjelaskan, selain untuk berkompetisi dan menjalin silaturahmi, tujuan kegiataan ini untuk melestarikan permainan olahraga tradisional di Babel. Kegiataan yang diselenggarakan oleh Persatuan Gasing Seluruh Indonesia (Pergasi) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), diikuti sebanyak 156 peserta yang terdiri dari dua kategori lomba yakni cabang standar perorangan dan cabang standar uri.

Kategori cabang standar Adu Uri diikuti sebanyak 72 peserta, sedangkan cabang standar adu pangkak perorangan diikuti sebanyak 84 peserta dengan total hadiah sebesar Rp 18 juta. "Turnamen gasing open 2020 akan dilaksanakan tanggal 11-15 Februari di stadion ngensanak bergasing desa Puput Bangka tengah," jelasnya.(mg/eji)

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com