• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tolak Tambang, Ratusan Warga Tanjung Labu Duduki DPRD Babel

Senin, 10 Februari 2020 | 17:39 WIB
Warga Tanjung Labu Bangka Selatan saat menduduki DPRD Babel. Foto : Eji/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Sebanyak 200 warga Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menduduki DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (10/2/2020).

Kedatangan mereka guna menolak aktivitas pertambangan baik darat maupun laut yang ada di Tanjung Labu.

Perwakilan masyarakat Tanjung Labu Ahmad Albert menegaskan, kehadiran masyarakat ke DPRD Babel ini guna menolak segala aktivitas pertambangan baik di darat maupun di laut yang dilakukan oleh salah satu CV yang merupakan mitra dari PT Timah.

"Tambang tersebut sudah berjalan dari bulan Desember hingga saat ini," kata Albert.

Selain itu, pihaknya meminta kepada pemerintah agar menghapus zonasi pertambangan di daerah Lepar Pongok Bangka Selatan.

"Pemerintah daerah juga harus memperhatikan potensi sumber daya alam masyarakat setempat dan pemerintah harus mengusulkan kembali RZWP3K dengan mengakomodir kepentingan masyarakat sekitar," pintanya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Sekretaris Komisi III DPRD Babel, Rina Tarol menegaskan, pihaknya siap berada di garda terdepan untuk membela kepentingan masyarakat Desa Tanjung Labu. 

"Kami segera melayangkan surat ke Kementerian ESDM melalui pimpinan agar kiranya IUP itu dicabut karena memang sudah melanggar tiga UU dan peraturan," tutupnya.(mg/eji)

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com