• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rudianto Tjen : Pasir yang Dikeruk Muara Jelitik Harus Dibawa Pergi

Sabtu, 08 Februari 2020 | 16:45 WIB
Anggota DPR RI Rudianto Tjen. Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung Ir. Rudianto Tjen angkat bicara terkait pendangkalan alur muara Air Kantung Jelitik yang hingga kini masih jadi persoalan.

Kepada wartawan, Rudi mengatakan, pengerukan alur muara di Air Kantung Jelitik yang kini diberikan kesempatan kepada salah satu perusahaan harus dengan perjanjian yang komprehensif. Hal ini agar pengerukan alur muara tersebut dipastikan mempunyai jaminan.

"Jangan sampai pengerukan pasir di alur muara tersebut saat dikeruk di pagi hari, sore bahkan malam hari alur tersebut masih saja tertutup oleh pasir," kata Rudi, Sabtu (8/2/2020).

Rudi mengatakan, alur muara di Air Kantung Sungailiat itu dibuka dan dilakukan pengerukan tersebut, supaya alur aktifitas para nelayan untuk melaut menjadi lancar.

"Kita harus mempunyai perencanaan yang cukup matang. Jangan dikeruk hari ini, tetapi esok harinya sudah tertutup lagi. Jadi Kita harus mempunyai perencanaan yang komprehensif, sehingga mempermudah aktifitas para nelayan tentunya," kata Rudi.

Selain melakukan pengerukan pada alur muara yang sering dangkal tersebut, pasir yang dikerukkan menutupi alur muara haruslah dibawa pergi jauh, bukannya disitu-situ saja.

"Kalau tumpukan pasir yang ada disisi alur muara tersebut dihabiskan atau dibawa pergi, diyakini tidak lagi menutup alur muara seperti yang dikeluhkan sebelumnya. Tetapi kalau pasir kerukan itu hanya dilepaskan dipinggir-pinggir muara begitu saja, pastilah pasir kerukan itu akan kembali menutup alur muara," jelasnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah harus mempunyai kajian yang mantap untuk membuka alur muara tersebut. Sehingga alur tersebut tidak tertutup lagi secara terus-menerus nantinya. Meskipun pengerukan tersebut mengunakan dana yang cukup besar bahkan puluhan milyar rupiah, kalau urusan kepentingan Rakyat itu, haruslah diusahakan. 

"Kalaupun Pemda tidak mempunyai dana segitu banyaknya, kita selaku Anggota DPR RI akan mengusahakannya. Buatkan proposalnya, kita akan sampaikan ketingkat Kementrian untuk meminta bantuan Pemerintah Pusat dalam mengeruk alur muara. Yang jelas hasil pengerukan alur muara tersebut dapat bermanfaat bagi para nelayan, sehingga alur muara tersebut lancar tanpa adanya hambatan seperti yang dikeluhkan sebelumnya," ujar Ir Rudianto Tjen.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com