• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gubernur Berharap Manggis Belitung Go Internasional

Kamis, 06 Februari 2020 | 21:26 WIB
Kontes manggis yang digelar. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Tanjungpandan - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bersama Ketua TP PKK Babel Melati Erzaldi, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belitung, Kamis (6/2/2020). Kegiatan pagi itu diawali dengan menghadiri pembukaan acara Kontes Manggis Babel 2020 yang berlangsung di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. 

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Erzaldi Rosman dalam acara kontes manggis dan berharap kegiatan ini dapat mendukung kepariwisataan serta mendorong petani manggis di Belitung, agar ke depan dapat meningkatkan produksinya sehingga dapat menembus pasar global. 

"Belitung ini terkenal dengan manggis, namun masih dalam untuk kebutuhan lokal saja,” ujarnya. Dia berharap, dengan kontes ini Belitung bisa menjadi komoditi ekspor manggis yang berkualitas beserta budidayanya.

Sementara, Gubernur Erzaldi Rosman memberikan apresiasi kepada dinas pertanian yang telah menyelenggarkan kegiatan ini guna mendorong petani manggis untuk lebih fokus dengan usahanya, sehingga komunitas ini nantinya bisa menembus pasar International. 

"Selama ini buah manggis di sini hanya dikonsumsi oleh masyarakat lokal, nah dengan adanya kontes, bagi pemenang kontes harus bersedia manggisnya untuk dikembangkan lebih luas, untuk memenuhi kebutuhan pasar global dan harga nya lebih mahal,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman.

“Saat ini untuk pengekspor manggis sudah ada, namun produksi manggis belum mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan, karena butuh jumlah banyak untuk mengekspor manggis serta kualitas yang bagus. Itulah tujuan kontes manggis yang mengarah ke sana. Kontes manggis kita laksanakan hari ini tidak semata-mata ingin mencari bibit manggis terbaik saja, tetapi ada hal yang lebih lagi yaitu agar komoditas manggis memenuhi kualitas ekspor baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya," jelasnya. 

Dalam penjelasan Gubernur Erzaldi Rosman, walau negara tujuan ekspor terbesar saat ini adalah ke China yang masih tertutup. Beliau menyarankan kepada para petani untuk jangan lemah semangat karena, manggis ini juga diminati oleh beberapa negara lainnya.

Harapannya agar langsung diekspor dari Bangka Belitung sehingga menurunkan nilai transportasi dan meningkatkan daya ekspor Bangka Belitung. Untuk itu perlunya kolaborasi dari seluruh instansi untuk memudahkan aturan ekspor.

Gubernur Erzaldi Rosman juga menyinggung inflasi yang terjadi di Belitung karena kurangya infrastruktur pelabuhan yang ada. "Insya Allah tahun ini, Pelabuhan Manggar akan ditingkatkan kapasitasnya, juga rencana pelebaran jalan yang telah berjalan tiga tahun ini, yang merupakan pembangunan jalan tertinggi, baik dari segi ketebalan dan lebar jalan sejauh 78 km di Kabupaten ini. Serta pengembangan Bandar Udara HAS Hanandjoedin yang bertaraf internasional," ungkapnya.

Terkait KUR, Gubenur Erzaldi Rosman mengatakan bahwa tujuan dari sosialisasi KUR adalah untuk meningkatkan produktifitas petani. Dirinya percaya bahwa hasil kolaborasi dengan KUR akan menciptakan hasil yang lebih dahsyat.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : babelprov.go.id