• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


PAD Basel Tahun 2019 Over Target, Realisasi Capai Rp62,7 M

Rabu, 05 Februari 2020 | 11:56 WIB
Kabid Penerimaan Daerah Bakuda Basel Susanti. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun 2019 melebihi target dan mengalami peningkatan jika dibandingkan pada tahun 2018 kemarin.

Kepada wartawan, Rabu (5/2) Kabid Pajak Daerah Bakuda Basel Susanti mengatakan, PAD yang diterima oleh pemerintah kabupaten pada tahun 2019 terealisasi sebesar Rp62.742.793.023,19.

"Target kita 2019 52 miliar, terealisasi 62 miliar, ada kelebihan 9,8 miliar dengan persentase 118,67. Itu sumbernya dari pajak daerah, pendapatan retribusi, hasil pengelolaan dan lain-lain PAD yang sah," ujarnya.

Adapun penyumbang pendapatan terbesar bersumber dari lain-lain PAD yang sah yang mencapai angka Rp19 miliar. Yang merupakan penerimaan lain lain termasuk pengembalian temuan dari hasil pemeriksaan BPK tahun lalu, PDAM dan terdiri dari unsur-unsur itu.

"Yang menjadi penyumbang terbesar dari pajak daerah berasal dari pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) atau galian C. Jadi dari tahun 2018 hanya Rp7 miliar meningkat jadi Rp11 miliar," ujarnya.

Kata Susanti, dari pajak-pajak yang ada di Basel ada yang mengalami penurunan dan peningkatan. Namun lebih banyak meningkat jika dibandingkan 2018 karena memang target yang ditetapkan lebih kecil.

'Terutama untuk pajak hotel itu dia mengalami penurunan dari tahun 2018 ke 2019 sebesar 39 juta. Karena 2018 hotel yang ada di Basel biasanya disewa oleh pemkab untuk ruang acara pertemuan," terangnya.

Namun, saat ini di beberapa OPD sudah memiliki ruang pertemuan sendiri. Seperti di Dinas Pendidikan, Bappeda, BKPSDMD sehingga instansi sudah memanfaatkan sendiri ruang pertemuannya. "Jadi sudah dimanfaatkan untuk ke OPD itu. sehingga untuk pendapatan hotel sendiri mengalami penurunan.Selain itu, maraknya penggunaan home stay sebagai alternatif tempat menginap bagi pengunjung di Basel," katanya.

Sementara di Basel belum ada aturan penagihan pajak untuk home stay tersebut. Sehingga jadi penyebab pendapatan dari sana turun. Untuk pajak lain relatif meningkat semua.

"Kecuali BPHTB, kalau dibandingkan 2018 kemarin 3,6 miliar turun karena 2019 sifatnya hanya pengajuan rutin serta program PTSL. Dan di tahun 2019 belum ada pengakuan HGU dan HGB," jelasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com