• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Balon Kades Belitung Timur Wajib Ikuti Tes Akademik

Senin, 03 Februari 2020 | 13:01 WIB
Koodinator Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Beltim Aditya Mirhayandi Kusuma. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Manggar - Sebanyak 58 orang bakal calon kepala desa akan mengikuti tes seleksi tambahan akademik. Tes akan dilangsungkan pada Kamis, 13 Februari 2020 di Auditorium Zahari MZ mendatang.

Seluruh balon kades tersebut berasal dari 7 desa di Kabupaten Belitung Timur. Mereka merupakan peserta Pemilihan Kepala Desa Serentak, namun jumlahnya pendaftarnya sudah melebih kuota maksimal yang ditetapkan, yakni 5 orang. Seperti Desa Padang Manggar 9 orang, Desa Gantung 9 orang, Desa Lilangan Gantung 11 orang, Desa Pembaharuan Kelapa Kampit 10 orang, Desa Mengkubang Damar 6 orang, Desa Jangkang Dendang 7 orang dan Desa Nyuruk Dendang 6 orang.

Koodinator Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Beltim Aditya Mirhayandi Kusuma menekankan tes tambahan hanya diperuntukkan bagi balon dari 7 desa tersebut, sisanya yakni balon dari 13 desa lainnya sudah bisa melaksanakan pengundian nomor urut serta deklarasi damai.

“Kalau yang jumlah pesertanya hanya dua sampai 5 orang, tidak perlu tes tambahan. Tes ini khusus untuk yang balon lebih dari 5 orang,” ungkap Adit, Senin (3/2/20).

Peserta tes akademik yang lulus wajib memperoleh nilai minimal 65, dari 100 soal yang disiapkan pantia. Jika jumlah peserta yang lulus kurang dari lima orang atau tidak ada sama sekali yang lulus maka panitia Kabupaten akan melakukan seleksi tambahan dengan perhitungan bobot dan scoring.

“Bobot scoring kita nilai berdasarkan pengalaman kerja di bidang pemerintahan, tingkat pendidikan atau ijazah balon, serta usia. Semakin tinggi pendidikan, maka nilainya akan tinggi, untuk umur yang paling muda yang lebih baik,” terang Adit.

Kepala Seksi Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa itu mengakui tes seleksi tambahan merupakan aturan yang baru diberlakukan pada Pilkades Serentak tahun 2020 ini. Tujuannya agar tingkat intelektual dan wawasan Calon Kades dapat teruji dari seleksi akademis dan bobot tersebut.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : belitungtimurkab.go.id