• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


19.526 Orang Masih Ditanggung BPJS Kota Pangkalpinang

Kamis, 30 Januari 2020 | 11:49 WIB
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iurannya dibayari Pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang saat ini masih melakukan evaluasi terhadap perserta PBI BPJS kesehatan yang saat ini sudah mencapai 19.526 orang dengan dana sekitar 6,3 miliar.

Seperti yang disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Suriyanto saat ditemui di kantornya mengatakan saat ini pemerintah kota Pangkalpinang hanya memiliki dana sekitar 6,3 miliar dan hanya mampu membayar sekitar 7 bulan saja jika perserta PBI sebanyak 19.526 orang.

“Yang namanya BPJS ini, mau sakit atau tidak sakit harus dibayar, makanya sebelumnya 7 bulan ini kami akan melakukan evaluasi kembali kepada perserta PBI, untuk itu kita data lagi siapa tahu yang menerima PBI ini ada yang sudah meninggal dunia atau sudah pindah jiwa, tapi kita tetap wajib membayar,” ujar Suriyanto, Kamis (30/1/2020)

Saat ini tim dari Dinas kesehatan kota Pangkalpinang bersama petugas Rukun Tetangga (RT) masih mendata kembali setiap kelurahan yang diharapkan bagi yang telah meninggal dunia atau sudah pindah jika ini masih kita tetap kita bayar ini bisa membuat kita rugi.

Suriyanto juga menjelaskan dari hasil evaluasi tersebut jumlah perserta PBI masih 19.526 orang maka kami akan meminta bantuan untuk penambahan dana sekitar 5 miliar karena kalau dana saat ini hanya cukup untuk 7 bulan atau hanya bisa membantu sekitar 12.500 orang saja dengan dana yang ada saat ini.

“Walaupun dengan keterbatasan dana saat ini, Kami belum ada melakukan pemutusan hubungan kepada perserta PBI dikota Pangkalpinang, sambil menunggu hasil evaluasi yang saat ini sudah berapa kecamatan sudah selesai, semoga saja dana 6,3 miliar ini cukup,” pungkasnya. (Cepi)

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Septi Artiana
Sumber : klikbabel.com