• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sambut Tahun Baru Imlek 2571, Warga Tionghoa Bangka Sembahyang di Hari Sam Sip Pu

Jumat, 24 Januari 2020 | 15:34 WIB
Warga Tionghoa Bangka melakukan sembahyang. Foto : klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Tahun Baru Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa yang dimulai pada hari pertama bulan pertama pada penanggalan kalender Imlek dan berakhir dengan Cap Go Meh yakni pada tanggal 15 bulan pertama.

Tokoh masyarakat Tionghoa Bangka, sekaligus warga Kp Hakok Kelurahan Matras Sungailiat, Fu Nam Cen (72) mengatakan, satu hari sebelum Tahun Baru Imlek, biasanya tradisi Keturunan Tionghoa Bangka melakukan sembahyang terlebih dahulu. Baik di depan rumah atau kelenteng yang disebut dengan Hari Sam Sip Pu (hari tutup tahun) bertepatan pada tanggal 30, bulan 12 akhir tahun pada kalender imlek.

"Sembahyang tersebut guna mensyukuri hikmat yang telah diberikan, menghormati para leluhur dan memohon harapan baik serta perlindungan kepada Tuhan, terutama di Tahun Baru Imlek 2571 ini," ujarnya, Jumat (24/01).

Dikatakannya, Sembayang di hari Sam Sip Pu tersebut dapat dilakukan pada pagi, siang dan malam hari. Dalam menyambut Tahun Baru Imlek di malam penutup tahun disebut juga dengan Sam Sip Am Pu (malam tutup tahun).

"Sembahyang Leluhur di hari Sam Sip Pu merupakan momentum menghormati dan mengenang budi orang tua atau pendahulu. Sembayang tersebut tidak berziarah ke makam leluhur, melainkan sembahyang dengan membuat altar didepan pintu utama rumah saja. Seperti meja dan kursi yang disusun rapi yang dipenuhi bahan sesajian Sembahyang diatas meja sebagai altar," jelasnya.

Ia berharap di Hari Sam Sip Pu ini, rahmat Tuhan dapat memberi perlindungan, keberkahan dan kesejahteraan bagi Kita semua, terutama di Tahun Baru Imlek ini.

"Xin Nien Khuai Le, Gong Xi Fa Cai ,Wang She Ru Yi, Selamat Tahun Baru, Semoga mendapat rezeki yang melimpah, serta segala harapan dapat terpenuhi dengan baik. Gong Hi Xin Nien, Semoga berbahagia di Tahun Baru Imlex 2571 ini," katanya.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com