• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


TP4D Dihapuskan, Kejari Tetap Kawan Proyek di Pemkab Basel Sampai Selesai

Jumat, 17 Januari 2020 | 19:03 WIB
Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) kini resmi dihapuskan oleh Kejagung pada bulan Desember 2019 tahun lalu. Penghapusan tim yang selama ini dibawah kendali bidang intelijen tersebut sesuai dengan Keputusan Jaksa Agung (Kepja) Nomor 345 tahun 2019 tentang Pencabutan Kepja tentang TP4D.

 

"Program layanan TP4D ini akan digantikan dengan program Pengamanan Proyek Strategis atau PPS. Memang secara tupoksinya berbeda dengan TP4D," ujar Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra, Jumat (17/1). Akan tetapi, sambung Safrianto ihwal tugas dan kewenangan PPS itu masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaannya dari Kejagung RI. Bila TP4D bersifat pengawalan dan pengamanan, PPS tidak begitu.
 
"Sifatnya kalau PPS lebih ke pengawasan dan lebih selektif untuk proyek pembangunan yang sangat strategis. PPS melakukan pengamanan proyek pembangunan strategis," ujarnya. Baik proyek pembangunan strategis nasional atau daerah yang di tetapkan oleh presiden atau bupati. Apabila proyek strategis itu masuk ranah nasional maka pengamanannya oleh kejagung atau kejati.   "Atau kalau berada di daerah dilaksanakan oleh kejari. Namun kalau bukan proyek strategis nasional atau daerah, nanti bisa minta pendampingan hukum di bidang datun," ujarnya.

Pada dasarnya tidak ada klasifikasi proyek kecil atau besar, yang ada proyek strategis nasional/daerah atau bukan. Untuk di Basel pengawalan proyek-proyek masih berjalan dan ditugaskan untuk membantu pemda. "Kita tetap kawal pembangunan secara menyeluruh sampai selesai, menghindari adanya indikasi yang merugikan Negara. Namun untuk tahun 2020 tak lagi gunakan program TP4D," terangnya.

Akan tetapi menggunakan tugas pokok dan fungsi struktural yang ada. Bisa berurusan dengan seksi intelijen, pidsus, datun dan yang jelas tergantung tupoksinya masing-masing di berbagai bidang tersebut.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com