• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Bateng Ibnu Tanam Padi MA-11

Jumat, 17 Januari 2020 | 15:25 WIB
Bupati Bateng Ibnu Saleh menanam padi MA-11. Foto : Eji/klikbabel.com
Loading...


Klikbabel.com, Namang - Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, bersama perwakilan Danrem 045 Garuda Jaya, kepala dinas pertanian, kepala dinas pangan, kepala dinas perikanan, Kepala BPTP, Kepala Desa Namang, Camat Namang serta kelompok tani Desa Namang melakukan penanaman padi berbasis MA-11, Jumat (17/01/2020)

Dalam sambutan, Bupati Bangka Tengah Ibnu menyampaikan untuk semua diversifikasi tanaman perlu diperhatikan. "Karena awal kita menanam padi disini bukan untuk swasembada pangan, tapi untuk mendapatkan keuntungan besar dan melimpah. Serta yang kita inginkan dengan lahan yang sedikit ini bisa mendapatkan pendapatan petani," ujar Ibnu Saleh.

Ibnu Saleh juga menambahkan dengan adanya MA-11 setengah liter saja mampu menghasilkan 350 kg urea dan dicampurkan dengan air kelapa mampu menekan biaya produksi menurun dan produktivitas meningkat supaya dari 6 ton bisa menjadi 8 ton untuk produktivitasnya.

"Kita memberikan semangat kepada masyarakat untuk menanam padi. Karena padi adalah salah satu bahan pangan yang utama bagi masyarakat khususnya Bangka Tengah, dan yang kita inginkan agrowisata tidak hanya yang dicari  untuk makan saja, tetapi bisa menambah pendapatan kesejahteraan," ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Sajidin mengungkapkan bahwa jumlah petak sawah sebanyak 55 hektare dan InsyaAllah terealisasi sekitar 53 hektare untuk di Namang, sedangkan di Belilik ada 55 hektare dan baru terealisasi 17 hektare "Semuanya akan di aplikasikan menggunakan MA-11 karena bisa menurunkan biaya produksi sebesar 30 hingga 40% lebih irit serta produktivitas meningkat,"  ujar Sajidin.(mg/eji)

 

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com