• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


12 Bencana Ancam Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Minta Tingkatkan Kewaspadaan

Senin, 13 Januari 2020 | 18:04 WIB
Gubernur Babel Erzaldi Rosman (tengah) memberi keterangan ke wartawan. Foto : Eji/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Tanjunggunung - Sedikitnya 12 bencana mengancam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bencana itu dikelompokkan dalam bencana geologis, hidrologi, kekeringan, cuaca ekstrim, gelombang ekstrim, dan lainnya.

Demikian dikatakan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, saat apel kesiapsiagaan bencana, Senin (13/01/2020).

"Daerah Bangka Belitung yang terdiri dari 2 pulau besar sangat berpotensi untuk terjadinya bencana alam. Setidaknya ada 12 macam bencana yang dikelompokkan dalam bencana geologis, bencana hidrologi, kekeringan, cuaca ekstrim, gelombang ekstrim, dan lainnya," kata Erzaldi.

Menurut dia, meningkatnya jumlah penduduk dan diikuti meningkatnya pemukiman yang kurang terkendali serta tingginya perkembangan teknologi, menjadi potensi tinggi terjadinya bencana dan menimbulkan wabah penyakit serta kegagalan teknologi.

Diperkirakan pada 5 tahun mendatang sambung Erzaldi, bencana semakin meningkat dengan terjadinya permasalahan yang disebutkan di atas.

"Bangka Belitung yang terdiri dari 6 kabupaten dan 1 kota serta 47 kecamatan perlu membentengi diri dalam penanggulangan bencana. Maka kita semua perlu meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan serta antisipasi dalam menghadapi perubahan cuaca yang ekstrim dan mengurangi segala bentuk resiko terjadinya bencana," tutupnya.(mg/eji) 

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com