• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kapolres & Ketua Cabang Bhayangkari Basel Pimpin Penanaman Mangrove di Desa Tukak

Sabtu, 11 Januari 2020 | 22:39 WIB
Penanaman pohon oleh Polres Basel. Foto : devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Sedikitnya 250 personel Polres Basel dari berbagai satuan fungsi, polsek jajaran, Pengurus Cabang dan Ranting Bhayangkari melakukan penanaman pohon mangrove di perairan pesiri pantai Desa Tukak Kecamatan Tukaksadai.

Kegiatan polri peduli penghijauan tersebut  merupakan salah satu wujud nyata upaya Polri untuk mendukung program pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup yaitu kawasan hutan mangrove dan ekosistemnya.

Kapolres Basel AKBP Stanislaus Ferdinand Suwarji mengatakan banyak sekali manfaat yang dirasakan dengan adanya hutan mangrove di pesisir pantai. Secara fisik berfungsi sebagai penahan abrasi pantai.

"Penahan ombak, angin, peresapan air laut serta menurunkan kandungan gas karbondioksida (CO2) di udara dan bahan-bahan pencemaran diperairan rawa pantai," ujar AKBP Ferdinand, Sabtu (11/1) kepada wartawan.

Secara biologi, sambung Ferdinand hutan mangrove berfungsi dan bermanfaat sebagai tempat hidup, berlindung, mencari makan, pemijahan dan asuhan biota laut seperti ikan dan udang serta satwa liar lainnya.

"Seperti monyet, biawak dan burung," tambah Ketua Bhayangkari Cabang Basel Novita Ferdinand yang ikut hadir beserta pengurus dalam penanaman mangrove di perairan pesisir Pantai Desa Tukak tersebut.

Novita mengatakan manfaat menanam mangrove ini memang tidak bisa dirasakan sekarang. Tetapi di masa yang akan datang untuk generasi selanjutnya.Untuk itu mari bersama-sama menjaga kelestarian alam.

"Mangrove ini akan dirasakan manfaatnya oleh generasi selanjutnya. Ayo sama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan di sekitar kita, satu pohon dapat bermanfaat bagi anak cucu kita nantinya,” ujarnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com