• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Citra Manis Keluar Sebagai Juara Kontes Durian Bangka Belitung

Sabtu, 11 Januari 2020 | 18:29 WIB
Pemenang kontes durian Bangka Belitung. Foto : Cepi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Durian Citra Manis milik Zaimi asal Air Petaling, Desa Penagan Kabupaten Bangka, akhirnya keluar sebagai juara dalam kontes dan bazar durian yang diadakan oleh Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Bangka Belitung di halaman Kantor Gubernur Babel, Sabtu (11/1/2020).

Menurut Ardiansyah, saudar dari Zaimi (56), durian jenis ini merupakan durian lokal yang telah ditanam sekitar 35 tahun yang lalu.

Durian jenis ini memiliki buah yang berwarna kuning yang mempunyai lapisan lilin yang ketika kita masukan kedalam plastik daging buahnya tidak akan pecah serta memiliki perawatan pohon yang sangat mudah.

"Durian jenis ini rasanya manis, ketebalan dagingnya lumayan tebal, buahnya kuning ada lapisan lilinya, kalo kita masukan plastik gak bakal pecah daging buahnya," ujar Ardiansyah.

Harga durian jenis ini di Bangka Belitung, untuk durian yang berukuran kecil dibandrol dengan harga Rp 50 ribu per butir, sedangkan untuk yang berukuran besar dibanderol dengan harga Rp 100 ribu per butir.

Ditanya hadiah akan digunakan untuk apa, ia mengatakan belum tahu akan dikemanakan dengan hadiah tersebut.

"Untuk hadiah kita belom tahu bagaimana kedepannya, apakah akan kita jadikan modal usaha untuk membuka kebun durian atau sebagian kita sumbangkan kita belum tahu," pungkasnya.

Sementara, Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyebutkan, durian Citra Manis ini memang luar biasa dan oke punya.

"Duriannya manis, ketebalan oke, yang pasti luar biasa. Dari apa yang dipilih, akan kita verifikasi dan daftarkan ke balai, sehingga varietas akan diperbanyak, terutama ke desa pemenangnya berasal," tukasnya.(mg/cepi)

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com