• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Begini Penjelasan Misunder tentang Pembentukan Perbup Nomor 46 Tahun 2019

Sabtu, 11 Januari 2020 | 21:01 WIB
Pemkab Basel
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan membentuk Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 46 Tahun 2019 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD).

Adapun tujuan dari pembentukan perbup tersebut guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan peran serta masyarakat.

Serta mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pemerintahan desa dan kelurahan. Perbup ini dibentuk sebagai pedoman umum untuk membentuk Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Daerah.

Khususnya sebagai acuan umum dalam pemilihan ketua RT maupun ketua RW yang ada di desa maupun kelurahan di Basel. Seperti diungkapkan Kabid PMD dan PKD Dinsos P3A dan PMD Basel Misunder.

"Jadi perbup ini dibuat sebagai acauan atau landasan hukum dalam menentukan pemilihan Ketua RT dan Ketua RW. Sifatnya umum, juknisbya akan diperjelas melalui perdes," ujarnya, Sabtu (11/1).

"Maupun tata tertib di kelurahan tetapi harus tetap selaras dengan perbup. Perbup ini juga merupakan implementasi dari Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang LKD dan LAD," tambah dia.

Secara bertahap mereka akan melakukan sosialisasi secara langsung di tiap-tiap kecamatan di Basel. Ia berharap agar fungsi LKD dan LAD sebagai mitra pemdes di Basel.

Selain itu juga diharapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat serta mendayagunakan dalam proses pembangunan desa.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com

Topik