• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lebihi Target, Retribusi Kebersihan Akan Ditingkatkan Rp230 Juta

Jumat, 10 Januari 2020 | 19:49 WIB
Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pemkab Basel akan menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi kebersihan sebesar Rp230 juta pada tahun 2020 ini. Pasalnya, pendapatan dari sumber tersebut melebihi target yang didapat tahun 2019 kemarin.

Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo mengatakan, pendapatan melalui retribusi kebersihan tahun lalu terealisasi melebihi target sebesar Rp227.825.000 atau sebesar 111,68 persen. Padahal mereka hanya menetapkan target Rp204 juta.

"Dengan capaian retribusi melebihi target yang telah ditetapkan pada tahun 2019 lalu, maka kita akan meningkatkan target capaian menjadi Rp230 juta tahun ini. Tapi disesuaikan di perubahan, ada peningkatan target atau tidak," ujarnya, Jumat (10/1).

Dia menjelaskan pola pemungutan retribusi kebersihan langsung diambil ke wajib retribusi per hari untuk daerah pasar dan per bulan untuk daerah pertokoan. Baik per hari maupun per bulan, untuk pendapatan retribusi kebersihan fluktuatif.

"Namun pendapatan per hari langsung di setorkan ke kas daerah dan direkap perbulan. Selain itu, untuk pemungutan retribusi kebersihan pasti dilengkapi dengan karcis retribusi sesuai dengan peruntukannnya," terangnya.

Adapun besaran retribusi kebersihan toko swalayan luar bangunan dikenakan biasa perbulan seusai karcis sebesar Rp50 ribu per bulan. Sedangkan grosir/pertokoan Rp30 ribu dan rumah makan kelas C Rp20 ribu.

"Rumah tangga tidak sederhana dan bertingkat 15 ribu per bulan, rumah tinggal bangunan tidak sederhana 10 ribu dan persampahan 5 ribu. Per hari meliputi persampahan 1000, kebersihan rumah tinggal bangunan tidak sederhana 10 ribu," ujarnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com