• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tak Melaut Karena Cuaca Ekstrem, Nelayan Bangka Pilih Ngebon ke Bos

Selasa, 07 Januari 2020 | 19:09 WIB
Nelayan menambatkan perahu di Pelabuhan Jelitik Sungailiat karena cuaca ekstrem. Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Sebanyak 60 persen nelayan yang ada di Kabupaten Bangka dipastikan tidak melaut lantaran cuaca ekstrem yang melanda beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Bangka.

Klik Juga : Keluarga Minta Polisi Bongkar Kuburan Eks Istri Sule

Amirudin, salah satu nelayan yang ditemui di Pelabuhan Jelitik Sungailiat mengatakan, akibat cuaca ekstrim, ia bersama nelayan lainnya sudah satu minggu tidak melaut. "Cuaca kurang bersahabat. Tidak berani turun ke laut," kata dia, Selasa (7/1/2020) sore.

Dia mengatakan, saat tidak melaut seperti sekarang, biasanya lebih memilih untuk memperbaiki alat tangkap dan perahu. Mulai dari mengecat sampai memperbaiki jaring dan pancing. "Kalau cuaca seperti ini, selain gelombang besar hasil ikan yang didapat juga tidak seberapa," ucapnya.

Amirudin menceritakan, biasanya untuk satu kali turun ke laut modal yang harus dikeluarkan bisa mencapai Rp7 juta. Modal itu dikeluarkan untuk bahan bakar sampai kepada makanan nelayan selama satu minggu. "Kita biasanya ikan yang didapat mulai dari Tenggiri, Tongkol sampai ke Cumi-cumi," bebernya.   

Disinggung bagaimana caranya agar dapur tetap mengepul? pria yang mengaku sudah sejak kecil menjadi nelayan ini mengatakan, ngebon dulu dengan bos yang biasa membiaya modal untuk ke laut. "Ya telpon dulu ke bos untuk ngebon," kata dia tertawa.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com