• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Warga KKSS Batu Belubang Gelar Upacara Adat Syukuran Pantai

Rabu, 25 Desember 2019 | 15:04 WIB
Bupati Bateng, Ibnu Saleh saat foto bersama warga KKSS (Cepi/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Batu Belubang - Upacara adat syukuran pantai yang digelar oleh warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah berjalan dengan hikmat dan meriah. 
 
 
Kegiatan yang berlangsung Rabu (25/12/19) di pelataran pasar ikan Batu Belubang tersebut di hadiri oleh masyarakat Bugis yang berasal dari beberapa daerah di Bangka Belitung, seperti dari Kurau, Sungai Selan, Sungai Liat dan Namang. 
 
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh yang turut hadir pada acara KKSS merasa sangat bangga akan adanya tradisi upacara adat seperti itu yang tentunya perlu di junjung tinggi oleh masyarakat Bangka Belitung di era globalisasi. 
 
Bupati Bateng mengatakan, tradisi masyarakat nelayan jangan di lupakan justru harus dilestarikan dan tradisi itu dipercaya memberikan keberuntungan terlebihnya saat ini banyak nelayan yang tidak melaut akibat cuaca buruk.
 
"Setiap tahun diharapkan semakin semarak dan semakin ramai. Kami dari Pemkab Bangka Tengah mendukung kegiatan seperti ini dan kegiatan seperti ini perlu dilestarikan sebagai tanda syukur agar ditambahkan nikmat dan keberuntungan," ujar Ibnu.
 
Ia mengharapkan generasi muda dapat melestarikan kegiatan adat dan dapat menjadi tauladan dalam melestarikan kebudayaan yang ada di Bangka Belitung. 
 
Selain itu Pemkab Bateng telah memikirkan bagaimana cara menyejahterakan masyarakat pesisir, seperti akan menciptakan perkebunan sayuran, perternakan sapi seperti di Sungai Selan.
 
Ia juga berharap agar pada tahun 2020 masyarakat Batu Belubang telah mengirimkan anak-anak mereka untuk bersekolah di Sekolah Perikanan Bangka Tengah yang telah dibiayai oleh pemerintah. 
Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Septi Artiana
Sumber : klikbabel.com