• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kenalkan Budaya Lokal melalui Pentas Budaya Serumpun

Rabu, 18 Desember 2019 | 15:56 WIB
Pagelaran seni budaya di SMP 3 Belinyu. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Belinyu - Pengenalan budaya lokal terhadap generasi milenial yang diharapkan mampu ikut andil pelestariannya dikemudian hari. Melalui Pentas Budaya Serumpun yang diselenggarakan di SMPN 3 Belinyu diharapkan dapat mengenalkan berbagai budaya lokal kepada masyarakat lokal hingga mancanegara.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin, SIP, Rabu (18/12/19) ketika menghadiri Pentas Budaya Serumpun di SMPN 3 Belinyu. "Supaya dengan momen Budaya Serumpun ini anak-anak dapat mengikutinya dengan menampilkan berbagai kreasinya. Tujuan utamanya untuk mengeksplor diri mereka dan mengenalkan budaya lokal kita ke dunia luar," ujar Syahbudin.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut pula menurutnya dapat menanamkan rasa cinta budaya lokal terhadap peserta didik. Hal ini menurutnya agar tidak menghilangkan eksistensi dari keberadaan kebudayaan yang ada di kemudian hari. "Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan anak didik terhadap budaya lokal, karena budaya merupakan identitas kita," harap Syahbudin.

Untuk itu, dirinya menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. "Terimakasih kami ucapkan atas inisiasinya kepada semua pihak yang ikut menyukseskan kegiatan ini," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Bangka, Andi Hudirman, menghimbau para peserta didik tidak cepat berpuas diri. Ditambahkannya, peran tenaga pendidik sangat signifikan dalam mendorong para siswa selalu berkreasi dan berinovasi dalam berbagai bidang pendidikan.

"Saya berharap agar anak-anak tidak cepat merasa puas, teruslah berkarya dan ciptakan inovasi terbaru lainnya untuk Daerah," tukas Andi. Pentas yang berlangsung selama tiga hari 17 s/d 19 Desember 2019 tersebut diikuti SD dan SLTP se Kecamatan Belinyu dengan menampilkan lomba membaca Al-Qur'an, senam bedincak, seni mewarnai, membaca puisi dan menampilkan ragam seni tarian kedaerahan lainnya.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : bangka.go.id