• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Batu Besi Baru Ditambang Satu Blok

Jumat, 11 Oktober 2019 | 07:11 WIB
Wilayah Penambangan Batu Besi PT Timah. Foto : Hairul/klikbabel.com

Klikbabel.com, Damar - Wilayah Penambangan Primer PT Timah Tbk di kawasan Batu Besi, Damar, Belitung Timur, ternyata baru di tambang satu blok saja. Hal ini dilakukan sejak menjadi pilot project pada Maret 2018.

Kepala Unit Penambangan Timah Primer Danang menuturkan, pihaknya baru mengeksekusi satu dari lima blok yang diprediksi untuk digarap.

"Baru jalan satu blok saja. Satu blok bisa berumur 6 tahun dengan luas 20 hektare," papar Danang di lokasi tambang. Menurut Danang, luas keseluruhan area Batu Besi mencapai 604 hektare. Meski demikian, hanya 120 hektare lahan yang produktif. Sisanya, nanti akan dimanfaatkan untuk area infrastruktur, perkebunan dan wisata.

Dari Danang pula diketahui jika area Batu Besi menggunakan metode open vit dengan menggunakan peralatan mekanis. Penambangan Batu Besi juga merupakan bekas kolong tambang yang sebelumnya dilakukan penambangan besi oleh PT Alvako. "Disebut Batu Besi karena memang banyak besi. Bisa 60 persen," sambungnya.

Danang mengakui jika penambangan Batu Besi belum menghasilkan apa-apa. Lantaran masih dalam proses uji coba. Meski demikian, ia optimis di 2020 pada kuartal II akan mampu menghasilkan timah 1.000 ton per tahun. "Hasil belum. Ini masih coba-coba," ujarnya.

loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com