• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Awas, IMS dapat Ditularkan ke Bayi dari Ibu Hamil

Selasa, 17 September 2019 | 16:18 WIB
Sekretaris Dinkes Bangka, Harmendo (kiri). (Rama/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Program Screaning Infeksi Menular Seksual (IMS), yang dilaksanakan guna mengantisipasi adanya ibu atau bayi yang menderita penyakit menular, terus dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka.

Sekretaris Dinkes Bangka, Harmendo SKM, MKes mengatakan, masa kehamilan ibu mengandung sendiri dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin, secara normal adalah 280 hari atau 40 minggu atau 9 bulan 7 hari.

Oleh karena itu, dalam masa mengandung, selain menjaga stamina dan makan-makanan yang bergizi, ibu hamil yang terkena penyakit seksual akan menularkan penyakitnya pada bayi yang dikandungnya antara lain seperti infeksi HIV, Sifilis dan Hepatitis B, sehingga berdampak buruk pada kelangsungan dan kualitas hidup sang bayi kedepannya. "Lebih dari 90 persen Infeksi HIV, Sifilis dan Hepatitis B pada anak tertular dari ibunya. Pervalensi infeksi HIV, Sifilis dan Hepatitis B pada ibu hamil berturut-turut 0,3 persen, 1,7 persen dan 2,5 persen," jelasnya.

Ia melanjutkan, sedangkan resiko penularan dari ibu ke anak untuk HIV adalah 20 persen hingga 45 persen, Sifilis 69 hingga 80 persen dan untuk Hepatitis B lebih dari 90 persen. "Akan tetapi, hal seperti ini bisa dicegah dengan melakukan Screening atau pemerikasaan tahap awal yang bermanfaat untuk mengetahui adanya penyakit menular pada ibu terkait," terangnya.

Setelah dilakukannya tindakan itu, dikatakannya, dokter bisa menentukan langkah pencegahan, agar penyakit tersebut tidak menular pada janin yang dikandungnya, apabila sang ibu positif mengidap tiga dari penyakit itu, maka dokter akan cepat memberikan obat yang sudah ditentukan untuk mencegah penularan.

Lebih lanjut, ketiga penyakit ini memiliki pola penularan, pertukaran atau kontaminasi darah secara vertikal dari ibu ke anak, maka diwajibkan bagi para ibu untuk melakukan pemeriksaan satu kali selama masa kehamilan dengan datang ke Puskesmas. "Untuk screening ini  dapat menjadi pemutus rantai penularan Hepatitis B, Sifilis dan HIV pada ibu hamil nantinya di sini (Kabupaten Bangka)," pungkasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Septi Artiana
Sumber : klikbabel.com