• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Waspada! Ada 300 Ekor Kambing Kurban di Bangka Ditemukan Kurang Sehat

Kamis, 25 Juli 2019 | 06:32 WIB
Pemeriksaan hewan kurban oleh dinas terkait. Foto : Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Sebanyak tiga ratusan ekor kambing diketahui kurang sehat selama 3 hari pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban yang dilakukan oleh Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bangka disejumlah kecamatan.

Krisna Ningsih, Kasi Keswan dan Kesmapet Distan Kabupaten Bangka mengatakan, walaupun banyak ditemukan hewan kurban yang kurang sehat, pada tahun ini persentasenya mengalami penurunan. "Jika dibandingkan tahun kemarin. Tapi sejauh ini untuk persentase kesehatan hewan jauh lebih baik dari tahun lalu," jelasnya, disela pemeriksaan, Rabu (24/7/2019) di Kelurahan Parit Padang, Kecamatan Sungailiat. 

Ia melanjutkan, sejauh ini pihaknya belum menemukan penyakit berbahaya pada hewan kurban baik ditingkat pedagang maupun para peternak hewan. "Tahun ini hanya ditemukan penampakan dari luar, seperti penyakit kulit, penyakit mata dan mulut," ungkapnya. 

Namun, temuan penyakit kulit pada hewan kurban kambing tahun ini, dikatakannya, juga mengalami penurunan yang signifikan yakni sebesar 30 persen. "Jika dibandingkan tahun lalu mencapai 70 persen. Hasil pemeriksaan selama 3 hari ini hampir 30 persen kambing terkena penyakit kulit dan mulut," ucap Krisna.

Distan Kabupaten Bangka juga mengimbau kepada para penjual hewan kurban untuk memberikan formula kepada kambing berupa makanan tambahan seperti dendak, bungkil dan konsentrat ditambah air gula untuk menstabilkan tenaga hewan yang akan dijual. Pihaknya juga sudah melabel hewan kurban yang dinyatakan sehat usai dilakukan pemeriksaan. "Setiap yang tidak kami kasih label berarti ada masalah. Kami imbau masyarakat yang ingin membeli kambing atau sapi kurban agar membeli hewan yang sudah berlabel," pungkasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com