• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


The Fed Tahan Suku Bunga, BI?

Kamis, 20 Juni 2019 | 10:38 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan keputusan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Juni pada hari ini, Kamis (20/6/2019). Rapat tersebut sudah berlangsung sejak 19-20 Juni 2019. Dalam rapat bulanan itu, dewan gubernur BI akan mengumumkan beberapa kebijakan moneter. Salah satunya terkait suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR).

Klik Juga : Ketika Saksi Prabowo Berulangkali Sebut Hakim MK 'Baginda'

Bank Sentral akan mengumumkan keputusan mereka untuk menahan, menurunkan atau menaikkan suku bunga acuannya. Apalagi, sebelumnya bank sentral Amerika Serikat (AS) The Fed menahan suku bunga acuannya. Tentunya, kebijakan BI pada hari ini ditunggu pelaku investor.

Dalam kesempatan beberapa waktu lalu, Gubernur BI Perry Warjiyo sempat menyatakan, ada ruang penurunan suku bunga acuanuntuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun ini. Ruang penurunan suku bunga itu sejalan dengan kondisi inflasi yang relatif stabil hingga pertengahan tahun 2019 ini. "Jadi kalau mempertimbangkan inflasi yang rendah, pertumbuhan ekonomi yang perlu didorong, memang kami sudah tahu bahwa ada ruang untuk menurunkan suku bunga," ujar Perry di Gedung DPR, Jakarta.

Adapun pada RDG bulan Mei, Bank Sentral memutuskan untuk menahan suku bunga acuan tetap di level 6%. Keputusan tersebut dinilai sejalan dengan upaya menjaga stabilitas eksternal perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang meningkat. Sekedar informasi, saat ini suku bunga acuan BI masih dipertahankan di level 6% sejak November 2018, dengan level terendah pada Mei 2018 sebesar 4,25%. Di mana kini suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com