• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penetapan Calon Terpilih DPRD Basel Terganjal Kasus Politisi Gerindra Samsul Bahri

Kamis, 23 Mei 2019 | 09:18 WIB
Ketua KPU Basel Amri didampingi Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Muhidin. Foto ; Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mulai membuka pengajuan gugatan pemohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pada Kamis (23/5) hari ini, pasca dilakukannya penetapan nasional.

Namun, jikalau tidak didapatkan pengajuan gugatan untuk PHPU fokus DPRD kabupaten dengan masa tiga hari pasca penetapan nasional, Divisi Teknis dan Hukum KPU Basel akan mengkaji proses penetapan calon terpilih DPRD kabupaten.

"Kalau tidak ada PHPU, ditetapkan hari ini, tapi ini kan ada gugatan PHPU nasional. Kita juga menunggu juga apakah ada gugatan, minimal tiga hari setelah itu untuk proses penetapan dimana kita hanya punya hak menetapkan DPRD kabupaten," ujar Ketua KPU Basel Amri, Kamis (23/5).

Pihaknya, kata Amri hanya fokus untuk melakukan penetapan calon terpilih DPRD kabupaten dengan mengeluarkan Surat Keputusan (SK). Ini artinya jika tak mendapatkan gugatan, KPU Basel sudah bisa melakukan penetapan calon terpilih pada 25 Mei 2019.

Namun Amri membantah soal penetapan calon terpilih pada 25 Mei 2019 walaupun waktu penetapan KPU daerah tiga hari pasca penetapan nasional. Sebab, KPU Basel masih terganjal dengan kasus pelanggaran kampanye yang menimpa Samsul Bahri.

Politis Gerindra tersebut merupakan caleg incumbent yang kembali mencalonkan diri pada Pileg 2019 ini. Setelah diplenokan oleh KPU Basel kemarin, pasca Pemilu dia kembali terpilih dan meraih 881 suara di Dapil 1 Kacamatan Toboali, Bangka Selatan.

"Karena penetapan calon itu satu kesatuan. Tapi kalau sudah proses inkrah, nanti penetapan sesuai dengan hasil putusan dari Pengadilan Tinggi (PT) Babel. Dia (Samsul) kan kemarin dituntut dua bulan, putusannya enam bulan, sekarang mengajukan banding," katanya.

Loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com