• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bateng Jadi Kabupaten Pertama Test Narkoba Bagi Paskibraka

Kamis, 23 Mei 2019 | 10:12 WIB
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh. Foto : net

Klikbabel.com, Koba - Kabupaten Bangka Tengah menjadi kabupaten pertama yang menggelar test narkoba bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Hal ini dikatakan Bupati Bateng Ibnu Saleh, Kamis (23/5). Menurut Ibnu, di tahun 2019 ini, pihaknya melalui Disbuparpora bekerja sama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bateng melakukan cek urine guna mengetahui pengguna narkoba atau tidak. "Metode tes yang kita lakukan melalui urine, bukan mengambil darah atau rambut," kata Ibnu.

Menurut Ibnu Saleh, pihaknya melakukan cek urine di bulan April 2019 kemarin. Saat itu sebanyak 80 pelajar ikuti seleksi Paskibraka Bateng. "80 orang semuanya negatif, tidak ada pengguna narkoba," katanya.

Menurut dia, pihaknya merupakan kabupaten pertama di Provinsi Babel melakukan cek narkoba pada urine peserta Paskibraka. "Kita pertama kali yang melakukan tes narkoba, sebelum sebelumnya tidak pernah. Hanya saja, cek kesehahatan tensi darah, detak jantung tetap dilakukan seperti biasa," ungkapnya.

Ibnu Saleh berharap anggota Paskibraka Bateng tidak ada yang pingsan saat mengibarkan bendera di tanggal 17 Agustus 2019 ini. "Saya yakin, semua anggota Paskibraka berjiwa dan berbadan sehat. Mereka juga adalah generasi penerus yang berprestasi. Kami harapkan mereka bisa menjadi anggota TNI dan Polri,"harapnya.

Sekretaris Disbuparpora Bateng, Erik Prisko menambahkan, tidak ada biaya tes narkoba pada 2019. Kemudian di tahun 2020, pihaknya akan menganggarkan melalui APBD Bateng.

"Tahun 2019, kegiatan tes narkoba masih diakomodir oleh BNK Bateng. Kedepan sudah kita anggarkan sendiri, karena ada biaya yang harus dibayarkan," katanya.

Lanjut Erik, semua peserta merupakan perwakilan putra putri pilihan dari masing-masing Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di 6 kecamatan se Bateng. Sebelumnya mereka mengikuti seleksi tingkat kecamatan. "Dari 80 orang itu, 35 dinyatakan lulus dan akan mengibarkan bendera pusaka pada 17 April 2019 di halaman Kantor Bupati Bateng," pungkasnya.

loading...


Penulis  : Roni
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com