• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sedekah Ruwah Diprediksi Jadi Sebab Harga Ayam di Bangka Melambung

Sabtu, 20 April 2019 | 07:18 WIB
Pedagang ayam

Klikbabel.com, Sungailiat - Harga ayam potong di Kabupaten Bangka melambung tinggi. Dari Rp 30 ribu menjadi Rp45 Ribu.

Hal ini diungkap salah satu pembeli Akhirudin kepada klikbabel.com, Sabtu (20/4). "Rp45 ribu di Pasar Kite Sungailiat," kata Udin.

Dia mengaku cukup kaget dengan kenaikan harga itu. Pedagang bakso bakar ini memprediksi adanya sedekah ruwah menjadi salah satu penyebab harga ayam melejit.

"Ndak biasanya harga tinggi gini. Kalau hari-hari biasa paling Rp28 ribu. Paling tinggi Rp30 ribu," tambahnya.

Udin mengaku, tidak bisa berbuat banyak dengan kenaikan ini. "Ya nek gimana lagi," tutupnya.

Diketahui, sedekah ruwah merupakan upacara penyambutan kedatangan bulan suci Ramadan bagi masyarakat Bangka Belitung (Babel) memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Ruwahan dilakukan pada pertengahan bulan Sya'ban. Pada bulan tersebut masyarakat biasanya melakukan acara bersih kubur dan ziarah ke kuburan keluarga masing-masing.

Sementara, memasuki pekan pertengahan bulan Sya'ban masyarakat Bangka dan sekitarnya melaksanakan acara sedekah ruah dengan menyiapkan makanan. Seperti nasi beserta lauk pauk gulai ayam, ikan, atau daging sapi, kue, dan buah-buahan.

Beragam makanan tersebut disiapkan oleh masyarakat setempat. Pelaksanaannya pun dilakukan di masjid-masjid yang dihadiri oleh lapisan elemen masyarakat seperti tokoh masyarakat, ulama, ustad, karyawan, pejabat, aparat, dan warga.
 

loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com