• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kebutuhan Beras di Babel 87 Ton per Tahun

Kamis, 18 April 2019 | 20:38 WIB
Bazar dan operasi pasar di lapangan samping Koramil Sungailiat.

Klikbabel.com, Sungailiat - Provinsi Bangka Belitung membutuhkan 87 ton beras per tahun. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Ketersediaan Pangan Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sri disela-sela bazar dan operasi pasar di lapangan samping Koramil Sungailiat, Kamis (18/4). 

Menurut Sri, bazar dan operasi pasar menjelang hari besar keagamaan sudah dimulai. Hadirnya bazar dan operasi pasar, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan komoditi pangan dengan harga yang terjangkau.

 “Alhamdulilah kalau kesediaan stok Babel sudah cukup. Kalau kita prediksi, pertahunnya Babel hanya butuh 87 ton beras, dan untuk ketersediaan untuk saat ini sudah 146 ton. Dan untuk bazar ini kita ambil beras dari daerah kita (beras lokal), dalam rangka mensejahterakan petani kita,” terang Sri.

Dengan memasarkan produk petani lokal yang sesuai dengan harga pasar tanpa ada uang transport, difasilitasi oleh Dinas Pangan, maka harga pun dapat terjangkau masyarakat.

Komoditi yang dibazarkan berupa bahan makanan pokok (beras, terigu, minyak goreng, dan gula), daging kerbau beku, daging sapi, daging ayam, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, kentang, tomat, bawang bombay serta produk-produk UMKM.

Mengenai kestabilan harga, Sri mengatakan harga-harga masih cukup stabil. “Beras dari Bulog yang medium Rp.9000, dan Premium nya Rp. 11.000. kalau dari pasar sudah Rp. 13.100. dengan selisih 2000-3000 sudah lumayan,” imbuhnya.

“Sedangkan untuk komoditas daging ayam dipasaran bersih seharga 37 ribu, namun di bazar seharga 35 ribu. Kemudian kalau daging bulatnya dipasar 35 ribu, di bazar hanya 30 ribu,” lanjut Sri.

loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com