• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Diklat Manajemen Pengembangan Daerah KBKPSDMD Bangka Penting Tingkatkan Kompetensi ASN

Rabu, 20 Maret 2019 | 09:51 WIB
Bupati Bangka, Mulkan bersama peserta diklat. (Foto : ist)

Klikbabel.com,Sungailiat - Badan Kepegawaian Pengelolaan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, menggelar Pendidikan dan pelatihan manajemen pengembangan daerah, Selasa (19/3/2019) di Hotel Novilla Sungailiat. 

Kabid pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia di KBKPSDMD Kabupaten Bangka, Gulyano Penalva mengatakan, tujuan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya tersebut, dalam rangka pengoptimalan pelaksanaan pembangunan yang tepat sasaran bagi pemerintah dan masyarakat. "Ini untuk meningkatkan kompetensi para ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam manajemen pelaksanaan pembangunan di daerah kita ini,"jelasnya. 

Sementara Bupati Bangka, Mulkan yang juga hadir dalam kegiatan itu juga menyampaikan, pendidikan dan pelatihan ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan dan pemerataan pendapatan masyarakat. ''Sehingga kegiatan ini harus diikuti dengan sungguh-sungguh oleh mereka, sebab ini demi kepentingan kabupaten Bangka,''tegas Mulkan.

Lebih lanjut, tujuan kegiatan ini, dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja,lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah, yang diperlukan perencanaan pembangunan daerah terstruktur, berkualitas serta terkendali. 

"Sudah dijelaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah  tentang Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah,"terang Bupati Bangka ini. 

Selain itu, adapun ruang lingkup Permendagri no 86 Tahun 2017, dikatakannya, terdiri dari tata cara perencanaan,pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. Para Kepala OPD dan Sekretaris yang mengikuti pelatihan manajemen ini, diharapkan Mulkan, agar dapat mengikuti pembelajaran hingga tuntas.

Diklat sendiri digelar selama empat hari, dimulai tanggal 18-21 Maret 2019 dengan jumlah peserta 43 ASN yang membidangi manajemen pembangunan dan dari perangkat daerah yang ada di Kabupaten Bangka. "Kegiatan ini, diklat ini sangat penting dan sangat berguna bagi pembangunan Kabupaten Bangka kedepan. Maka mari ikuti dengan sebaik-baiknya,"pungkas Mulkan.

Kegiatan juga mengundang pemateri dari Kementrian Pendayaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi Repubrik Indonesia, Kamaruddin,Ak.,M.Sc selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebujakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan I.

loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com