• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Izin Pembangunan Patung Bunda Maria Terbesar se Asia Belum Keluar

Rabu, 19 Desember 2018 | 15:38 WIB
Gerakan Urang Bangka memprotes pembangunan Patung Bunda Maria

Klikbabel.com, Sungailiat - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka sudah memberikan laporan kepada Bupati Bangka, Mulkan, prihal rencana pembangunan Patung Bunda Maria terbesar se Asia Tenggara dikawasan KEK Desa Rebo.

Patung ini pula yang menjadi salah satu alasan bergeraknya ratusan massa Gerakan Urang Melayu (GUM) Bangka menuju Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka.

Kabid Penegak Perundang-undangan Daerah Satpol PP Kabupaten Bangka, Achmad Suherman, kepada klikbabel.com mengatakan, laporan itu disampaikannya usai pertemuan yang digelar GUM Bangka bersama perwakilan DPRD Bangka agar dapat ditindaklanjuti oleh orang nomor 1 di Kabupaten Bangka tersebut. "Kita sudah laporkan kepada Pak Bupati bahwa ada yang protes masalah pembangunan patung itu,"jelasnya, Rabu (19/12/2018).

Ia melanjutkan, berdasarkan komunikasinya bersama Bupati Bangka, diketahui prihal IMB terkait rencana pembangunan Patung Bunda Maria tersebut memang belum ditandatangani Bupati Bangka. "Kata Pak Bupati sekarang juga belum ditanda tangani IMB untuk mendirikan Patung Bunda Maria itu,"ungkapnya.

Menurut Suherman, dalam prosedur yang telah ditetapkan, sudah seharusnya pihak yang mempunyai rencana membangun patung tersebut harus mengantongi IMB yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka. Sementara, IMB yang dimaksud, dikatakan Suherman, sampai saat ini belum juga dikeluarkan. Dirinya juga memberikan imbauan kepihak pengembang pembangunan patung itu untuk tidak melakukan aktivitas apapun disekitar areal lokasi.

''Jadi akan kami pantau hal itu. Kita juga imbau untuk pengembang jangan ada kegiatan pembangunan,"tegasnya.

Diketahui sebelumnya, diakui Suherman, pihak pengembang memang sudah melakukan pembersihan di sekitar lokasi yang diduga akan dibangun patung Bunda Maria terbesar di Asia tersebut. ''Izin pinjam pakai lahan yang digunakan sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Tapi izin pembangunan harus dari Pemkab Bangka, apalagi sekarang sudah bermasalah. Jadi harus ada izin dari masyarakat dengan melibatkan tokoh agama juga,''tutupnya.

loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com