• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tersangka Anggaran Makan Minum Bangka Selatan Resmi 'Sekolah' di Tuatunu

Kamis, 13 Desember 2018 | 17:25 WIB
Pejabat tersangka anggaran makan minum Bangka Selatan dibawa ke Lapas Tuatunu. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Kejaksaan Negeri Bangka Selatan resmi melakukan penahanan terhadap ketiga pejabat di lingkungan Pemkab Basel yang sebelumnya telah ditetapkan tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi (Tipikor), Kamis (13/12) sekira pukul 14.00 WIB.

Adalah Sekda Basel Suwandi, Kabag Umum Endang Kristinawati dan Bendahara Pengeluaran Setda Yusuf yang terlibat dalam mark up pelaksanaan belanja makan dan minum (mamin) pada kegiatan penguatan fungsi kesekretariatan dan administrasi perkantoran. Serta anggaran fasilitasi kelancaran pelaksanaan tugas Bupati dan Wakil Bupati sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 1.683.570.735.

"Hari ini sebagaimana nota pendapat dari jaksa penyidik, dimohonkan kepada saya dan saya setujui terhadap ketiga tersangka untuk tahap awal ditahan selama 20 hari kedepan. Untuk kepentingan penyidikkan dengan alasan subjektif dan objektif," kata Kajari Basel, Safrianto Zuriat Putra kepada awak media.

"Subjektifnya, salah satunya dikhawatirkan akan menghilangkan barang bukti, mempersulit penyidikkan dan akan mengulangi perbuatan. Objektifnya ancaman pidana yang disangkakan lebih dari lima tahun dan layak untuk ditahan," Safrianto melanjutkan.

Diakuinya, untuk tersangka inisial S dan Y ditahan di lembaga permasyarakatan (LP) Tuatunu dan tersangka dengan inisial EK akan ditahan di LP Perempuan Kelas III di Kota Pangkalpinang sesuai dengan surat perintah penahanan. "Belum (kerugian negara), tapi tetap kita upayakan pengembalian walaupun nanti sudah ditahan. Kemarin saat ekspose sudah saya sampaikan (tersangka lain), nanti kita lihat perkembangan di fakta persidangan," paparnya.

loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com