• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


500 Komoditas Impor Akan Dibatasi, Bahan Konsumsi Paling Banyak

Kamis, 16 Agustus 2018 | 20:24 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Pemerintah akan mengidentifikasi sekitar 500 komoditas untuk memetakan potensi pengurangan impor. 500 komoditas tersebut akan dilihat berdasarkan tingkat kandungannya.

Terkait hal itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa, 500 barang impor yang akan dikurangi itu, kebanyakan berasal dari impor produk konsumsi.

"Kita akan review lagi, barang konsumsi yang paling banyak dikurangi," ujar Airlangga di komplek DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/8/2018).

Airlangga melanjutkan, untuk memenuhi kebutuhan saat ini, pemerintah akan maksimalkan penggunaan produk dalam negeri melalui substitusi impor. Untuk bahan baku, Airlangga mengakui banyak yang terpaksa harus didatangkan dari luar negeri, karena belum tersedia di Indonesia.

"Jadi, subtitusi impor itu harus ada barang yang sudah ada di Indonesia dan kita harus dorong untuk beli disini," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah akan mengambil langkah tegas dalam pengendalian impor terkait kondisi defisit neraca transaksi berjalan yang makin melebar.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com