• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


PT Timah Jawab Keinginan Presiden

Rabu, 01 Agustus 2018 | 14:45 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - PT Timah Tbk menjawab keinginan Presiden Jokowi untuk menambang dengan ramah lingkungan. Yakni, dengan penerapan teknologi tambang ramah lingkungan yang disebut Tambang Kecil Terintegrasi (TKT). Dengan TKT, dapat mengakomodir keterlibatan masyarakat tanpa mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Direktur Operasional PT Timah Alwin Albar, Senin (30/7/2018) menjelaskan, teknologi yang diterapkan adalah inovasi alat tambang yang akan digunakan dalam pola penambangan bawah permukaan dengan menggunakan teknik penambangan semprot. "Penambang tidak perlu lagi membuka permukaan tanah secara luas. Ada alat yang diberi nama borehole mining (BHM)," kata Alwin.

Menurutnya, dengan teknologi ini kini penambang tidak lagi menimbulkan kolam-kolam luas seperti sekarang ini. "Ini merupakan jawaban dari keinginan presiden agar masyarakat tidak disingkirkan dalam kegiatan pertambangan," tambahnya. Saat ini menurut Alwin, sudah ada 100 unit yang disebar ke Bangka dan Belitung. "Dengan adanya pemanfaatan teknologi, cadangan timah yang dimiliki perusahaan meningkat hingga 40 ribu ton. Pada tahap awal, PT Timah akan menyediakan alat sebanyak 160 unit per tahun. Tapi saat ini baru tersedia alat 100 unit," jelasnya.

Direktur Utama PT Timah Riza Pahlevi Tabrani mengatakan kewajiban untuk menerapkan kegiatan pertambangan yang ramah lingkungan sudah tak bisa dihindari. "PT Timah sebagai salah satu pemimpin pasar timah dunia sudah berkomitmen untuk menerapkan good mining practise," ujarnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Media Indonesia