• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Smart Plus Atasi Penyakit Kuning dari Tanaman Lada

Jumat, 23 Maret 2018 | 13:27 WIB
Kepala Balittro Dr. Ir. Wiratno M.Env, Mgt saat menunjukkan Smart Plus ke petani lada. Foto : Ist
Loading...

    Klikbabel.com, Belinyu - Salah satu kendala yang sering menimpa para petani lada di Kabupaten Bangka bahkan dunia yaitu serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), seperti serangan penyakit kuning dan penyakit Busuk Pangkal Batang (BPB). Dampak dari kedua penyakit tanaman ini telah menjadi kendala yang menakutkan para petani, karena tanaman yang terserang lambat laun akan mati. Untuk itu, Kepala Balittro Dr. Ir. Wiratno M.Env, Mgt bersama Kepala BPTP Babel Dr. Ir Wahyu Wibawa beserta staf, meninjau langsung ke perkebunan lada milik Syahbudin di Desa Riding Panjang, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

    Wiratno dalam diskusinya bersama sejumlah petani menyampaikan, Badan Litbang Pertanian khususnya Balittro telah melakukan penelitian pemanfaatan pestisida nabati dalam mengendalikan penyakit kuning dan BPB dengan hasil memuaskan. Pestisida yang diberi nama Smart Plus ini menurutnya, mampu mengendalikan populasi hama penghisap buah, dasynus piperis, dan hama penggerek bunga, dichonocoris hewetti, sehingga ketika diterapkan dapat mampu menekan 4 jenis OPT sekaligus.

    Ia melanjutkan, pestisida ini juga dapat berperan sebagai pupuk organik karena setelah disemprotkan, bahan aktif pestisida akan terurai dan berubah menjadi unsur organik yang dapat diserap tanaman melalui daun dan akar. "Akan k ita gulirkan hasil penelitian ini ke lapang dalam bentuk demplot maupun demfarm teknologi, sehingga dapat disaksikan langsung oleh para petani yang saat ini sangat menanti nantikan teknologi pengendalian OPT yang telah banyak menghancurkan peluang panen lada ini,'' tutupnya.

 

Loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com