• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Syarat Menjadi Kota Layak Anak, Pangkalpinang Butuh RPTRA

Kamis, 22 Maret 2018 | 15:15 WIB
Kepala Dinas Sosial PPA Pangkalpinang, Fitriansyah.(Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Salah satu komponen yang harus dipenuhi untuk menjadikan Pangkalpinang menjadi Kota Layak Anak (KLA) adalah ketersediaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Hal ini disampaikan oleh Fitriansyah selaku Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPP) Kota Pangkalpinang, ketika ditemui Klikbabel.com, usai menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) pembagian gugus tugas pengembangan Pangkalpinang menuju KLA, Kamis (22/3/2018).

"Ketersediaan ruang publik terbuka ramah anak adalah salah satu komponen yang harus dipenuhi untuk menuju Pangkalpinang menjadi KLA, dan tadi sempat mencuat saat diskusi tentang RPTRA," ujarnya.

Adapun RPTRA tersebut menurut Fitriansyah, harus dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang ramah dan nyaman bagi anak. Selain itu harus juga tersedia ruangan Laktasi atau ruang ibu menyusui. "Fasilitas pendukung RPTRA harus ada, seperti play ground, ruang Laktasi, atau semacam taman lalu lintas bagi anak-anak bermain," terangnya. 

Fitriansyah menambahkan, RPTRA juga harus bebas dari asap rokok. "Selain itu ruang terbuka harus bebas dari asap rokok," imbuhnya. Saat ini menurutnya, adapun ruang publik yang tersedia di Kota Pangkalpinang yakni Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) dinilai belum ramah bagi anak. Namun ia menambahkan, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan peninjauan kembali ruang publik tersebut  dapat dikelola menjadi RPTRA. "Kalau kita lihat, memang saat ini ATM belum ramah bagi anak, namun akan kita tinjau kembali," tandasnya.

Maka dari itu ia menambahkan, Dinsos berencana akan membangun RPTRA untuk mendukung Pangkalpinang menuju KLA. "Kita berencana membangun RPTRA mungkin Taman Sari akan kita lihat kriterianya, nanti bisa menggandeng beberapa pengusaha, kabarnya juga Disperkim akan membangun RPTRA di Dua Kecamatan," terangnya.

loading...


Penulis  : Apriliansyah
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com