• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


IHSG turun dalam, BEI: Kita Tidak Sendiri

Selasa, 20 Maret 2018 | 13:10 WIB
Ilustrasi. Foto : Net
Loading...

    Klikbabel.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan perlemahan dalam sepekan terakhir. Hari ini, Selasa (20/3), indeks mengalami penurunan lebih dari 1% saat penutupan sesi pertama. "IHSG tidak sendiri, bursa lain juga mengalami penurunan" kata Samsul Hidayat, Direktur Bursa Efek Indonesia, Selasa (20/3).

    Menurut Samsul, hal ini terjadi lantaran adanya ketidakpastian global.  Menurutnya, kebijakan Amerika Serikat terkait dengan kenaikan suku bunga menjadi salah satu hal yang ditunggu oleh investor, terutama investor global. Hal inilah yang menyebabkan memerahnya bursa di beberapa negara.

    Di sisi lain, keputusan Amerika Serikat untuk menaikkan suku bunga juga menjadi sulit lantaran kenaikan ini biasanya akan diikuti keberatan dari pihak pengusaha seiring beban bunga yang semakin berat. Informasi saja, siang ini, mayoritas indeks acuan di kawasan regional memang memerah meski tidak sebesar penurunan IHSG. Mengutip data Bloomberg, pada pukul 12.35 WIB, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang turun 0,59%, indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,37%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,39%, indeks Taiex Taiwan turun 0,33%, dan indeks FTSE/BM Kuala Lumpur turun 0,1%.

    Meski demikian, ada juga sejumlah indeks yang mencatatkan kenaikan seperti indeks Kospi Korea Selatan naik 0,05% dan indeks FTSE/ST Singapura yang naik 0,1%.
 

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Kontan.co.id