• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Petani Pasrah Harga Karet Fluktuatif

Senin, 19 Maret 2018 | 16:13 WIB
Siti (menggunakan topi) saat melihat karetnya ditimbang (Riski Yuliandri/Klikbabel.com))
Loading...

Klikbabel.com, Lubuk Besar - Petani karet saat ini hanya bisa pasrah dengan harga yang dirasakan fluktuatif atau tidak menentu. Dalam beberapa bulan terakhir, karet di Bangka Tengah (Bateng) mengalami turun naik harga.

Hal tersebut dirasakan oleh Siti Hijir Khosim. Petani karet di desa Kulur tersebut mengaku saat ini harga karet ditempatnya berkisar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per kilo tergantung kualitas karet itu sendiri.

"Saat ini kita ikuti saja harganya, mau naik atau turun yang penting masih bisa ngaret. Kita ngotot harga tinggi juga percuma kalau tidak ada yang beli," ungkapnya, Senin (19/3/2018).

Menurutnya, saat ini harga karet sudah ada kenaikan sekitar Rp200 dalam beberapa minggu terakhir ini. "Waktu Kongian (Imlek) harganya di bawah Rp5 ribu untuk kelas yang paling bawah (masih basah)," tambahnya.

Wanita asli Petaling tersebut mengaku dirinya sempat merasakan harga karet turun derastis hingga mencapai Rp15 ribu per kilo. "Kalau tidak salah, tahun 2005 lalu harganya jatuh banget sampai Rp2.500 per kilo, tapi mau bagaimana lagi saya pasrah saja yang penting masih bisa buat makan. Yang jadi masalah, harga kebutuhan lainnya justru naik," ungkap Siti.

Loading...
loading...


Penulis  : Riski
Editor    :
Sumber : klikbabel.com