• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Industri Perumahan Meluas Pengaruhi Pendapatan Pekerja Bangunan

Minggu, 18 Maret 2018 | 13:17 WIB
Budi, salah satu pekerja bangunan ketika sedang mengerjakan pekerjaannya. (Foto : Apriliansyah/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Tumbuh suburnya industri perumahan baik komersil maupun subsidi berdampak bagi pendapatan para pekerja bangunan. Meningkatnya permintaan pekerjaan tersebut jelas dirasakan oleh Budi (35), salah satu pekerja bangunan ketika ditemui Klikbabel.com, Sabtu (17/3/2018) siang.

"Syukurlah lumayan, kalau pekerjaan tidak berhenti permintaan ada terus, kita selesaikan satu pekerjaan kemudian ada lagi," imbuhnya.

Budi menambahkan, untuk pendapatan dirasakannya cukup dan sebanding dengan pekerjaannya. "Kalau upah lumayan, sesuai dengan pekerjaan kita, karena ini pekerjaan berat dan butuh keahlian jadi bukan sembarangan," ujarnya. 

Ia menambahkan biasanya upah bisa dibayarkan dengan sistem mingguan atau sistem borongan dibayarkan pada akhir pekerjaan. "Kalau sistem upah beragam, sistemnya banyak ada mingguan ada borongan itu tergantung kesepakatan," terangnya.

Senada, Fauzi (43), salah satu petugas instalasi listrik di salah satu perumahan ketika ditemui Klikbabel.com Sabtu (17/3/2018) mengatakan, permintaan jasa instalasi listrik meningkat tajam. "Sejak adanya rumah subsidi, permintaan meningkat, otomatis kalau bangunan itu, sudah termasuk jasa instalasi listrik," terangnya.

Fauzi menambahkan, untuk biaya instalatir listrik juga bervariasi tergantung keahlian petugas terkadang harga yang dipasang per titik sekitar Rp50 ribu bahkan lebih. "Kalau biaya jasa instalatir itu bermacam, tergantung keahlian, dan kami juga puya sertifikasi kelistrikan jadi sudah kompeten, tidak bisa asal-asalan tukang pasang listrik," terangnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Apriliansyah
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com