• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Investor Jepang akan Kelola Sampah Pangkalpinang

Rabu, 14 Maret 2018 | 16:26 WIB
Prof. H. Saparudin saat melakukan kampanye dialogis bersama warga. (Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Soal sampah juga menjadi permasalahan yang dikeluhkan warga gang Yos Sudarso 4, Kelurahan Gabek 1, sehingga bila hujan turun akan berdampak kepada volume air dan menyebabkan banjir.

"Masalahnya salah satu adalah persoalan sampah di wilayah kami, terkadang membuat saluran air tersumbat, beberapa wilayah yang di bawah kalau hujan lebat pasti tergenangi air," imbuh salah satu warga kepada Calon Walikota Pangkalpinang, Prof. H. Saparudin,MT,PhD, Selasa (13/3/2018). 

Prof Udin langsung menanggapi keluhan tersebut, dirinya mengatakan, persoalan sampah juga tak akan luput dari perhatian pasangan yang didukung oleh Partai Gerindra dan PPP ini. Sampah menurutnya harus dikelola dengan baik dan tepat. "Permasalahan sampah ada setiap kota baik kecil maupun besar, Kota sebesar Jakarta saja, persoalan sampah masih jadi permasalahan serius," terangnya.

Makanya, ke depan nanti ucap Prof Udin, pengelolaan sampah di Kota Pangkalpinang akan ditangani oleh investor asing dengan sistem teknologi mutakhir. "Kita sudah siapkan investor dari Jepang akan kelola sampah di Pangkalpinang mereka juga yang mengelola sampah di Jakarta, dengan teknologi canggih sehingga sampah bisa diubah dan dimanfaatkan," terangnya.

Banyak daerah yang bisa dicontoh dalam pengelolaan sampah yang baik. Salah satunya menurut Prof Udin adalah Kabupaten Bantaeng di Provinsi Sulawesi Selatan. "Sampah itu banyak manfaat, kalau kita bisa mengelolanya, salah satu contohnya di Kabupaten Bantaeng Sulsel, di sana sampah dibeli dari masyarakat, kemudian diolah menjadi barang yang bermanfaat, baik sampah organik maupun non organik," bebernya.

Selanjutnya, Udin-Edison juga akan mengembangkan Bank Sampah ditiap kelurahan sebagai alternatif solusi persoalan sampah. "Kita juga berniat bangun dan perbanyakan Bank Sampah, itu merupakan salah satu solusi juga, jadi permasalahan sampah ditiap wilayah bisa selesai," terangnya 

Masyarakat yang hadir menilai ide yang dicetuskan Prof Udin cukup konkrit dan nyata bagi Kota Pangkalpinang. Mimi (47) misalnya langsung menghadiahi ide tersebut dengan mengacungkan dua jempolnya untuk pasangan Udin-Edison."Hidup Udin-Edison," teriaknya semangat.

loading...


Penulis  : Apriliansyah
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com