• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pengrajin Pewter Binaan PT Timah Gencar Perkenalkan Cenderamata Khas Babel

Senin, 05 Februari 2018 | 16:07 WIB
Ketua Kelompok Pewter di Bangka Belitung, Budi selaku (Dinda/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, PangkalpinangĀ - Pewter adalah kerajinan tangan atau cendramata yang terbuat dari timah. Kerajinan tersebut merupakan khas Provinsi Babel dan pembuatannya berpusat di Kota pangkalpinang. Kelompok pembuat Pewter merupakan mitra binaan dari PT Timah Tbk sejak delapan tahun yang lalu. "Kelompok Pewter sudah berdiri sejak tahun 1994 dan sudah 8 tahun bemitra dengan PT Timah Tbk," ujar Budi selaku Ketua Kelompok Pewter di Bangka Belitung, Senin (5/2/2018).

Awalnya mantan karyawan PT Timah tersebut di minta untuk mengembangkan Pewter tepatnya pada tahun 1994. Setelah itu, ia mengumpulkan teman-temannya untuk pelatihan kerajinan tangan timah dan terbentuklah kelompok Pewter. "Saya dulunya karyawan Timah dan setelah itu saya di minta mengembangkan Pewter. Saya ajak teman-teman untuk pelatihan dan terbentuklah kelompok Pewter ini," jelasnya.

Dari sejarah tersebut, Kelompok Pewter kini gencar memperkenalkan cenderamata khas Babel tersebut keberbagai kalangan. Berbagai momen pameran dan Bazar di berbagai daerah mereka ikuti guna memperkanalkan cenderamata Pewter. Tidak hanya itu, untuk mengembangkan usaha Pewter kelompoknya, mereka mengajukan pinjaman modal ke PT Timah Tbk dan menjadi mitra perusahaan tersebut dengan bunga yang sangat ringan dan dengan jangka waktu pembayaran selama 2 tahun. Budi merasa bersyukur dengan adanya bantuan modal dari PT Timah karena dinilai sangat membantu. "Setelah ada kelompok dan sudah lama berjalan baru kami ajukan pinjaman modal ke Timah, alhdamdulillah kami menjadi mitra PT Timah dengan pinjaman modal yang bunga nya ringan, yaitu 3 persen dalam jangka waktu 2 tahun masa pembayaran. Kita sangat terbantu dengan adanya proram mitra binaan PT Timah yakni berupa pinjaman modal usaha," jelasnya.

Budi berharap, usahanya akan lebih berkembang, tidak hanya dalam skala handmade tapi juga bisa berkembang menjadi pabrik. "Ada baiknya kita tidak hanya mengekspor timah dalam bahan mentah tetapi mengekspor timah yang sudah diolah menjadi kerajinan tangan karena nilai tambahnya bisa 4 kali lipat," katanya. (Dinda)

Loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com

Topik