• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com



Loading...
Loading...
Loading...

Jumlah Pendonor Masih Rendah, PMI Upayakan Program PPDS

Jumat, 19 Januari 2018 | 16:45 WIB
Loading...
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang- Jumlah pendonor darah sukarela untuk wilayah Bangka masih rendah, hal ini di ungkapkan Merinda selaku Staf Kepegawaian di Palang Merah Indonesia (PMI) Pangkalpinang kepada Klikbabel.com, Jumat (19/1/2018). "Untuk jumlah pendonor kita memang masih kurang mengingat jumlah permintaan seharinya bisa mencapai 50 kantong darah," ungkapnya.

Selain itu PMI juga melayani permintaan darah dari wilayah luar Pangkalpinang seperti Bangka Barat dan Bangka Selatan. Hal itu membuat semakin sedikitnya persediaan stok darah. "Kita juga melayani permintaan dari daerah lain, seperti dari Bangka Barat dan Bangka Selatan. Hal ini juga berpengaruh terhadap stok darah," ujarnya.

Namun bukan tidak ada peningkatan dari jumlah pendonor, Merinda menjelaskan jumlah pendonor dari tahun 2016 sampai 2017 mengalami peningkatan meskipun hanya 20 persen. "Peningkatan pendonor ada, dari tahun 2016 sampai 2017 kenaikan hanya sekitar 20 persen, sedangkan yang membutuhkan darah lebih banyak," jelasnya.

Untuk itu PMI akan lebih mengupayakan program Pencarian Pelestarian Pendonor Darah Sukarela atau PPDS kepada masyarakat. "Kita akan lebih mengupayakan lagi program PPDS ini, dengan datang ke instansi-instansi, sekolah-sekolah dan perguran tinggi, untuk mengadakan sosialisasi pentingnya donor darah dan kegiatan donor darah," tutupnya. (Dinda)

Loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com