• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


25 Anggota PPKIM Basel Siap Berkompetesi di Pasar IKM

Sabtu, 06 Januari 2018 | 21:02 WIB
Ketua PPKIM Bujil Sani (Kanan) dan Debi Arzian Talo selaku pendamping PPKIM (Kiri). (Foto : Wiwin Suseno/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Toboali - Perkumpulan Pengusaha Kecil Dan Menengah (PPKIM) Bangka Selatan (Basel) saat ini sudah memiliki 80 pelaku industri kecil dan menengah. Dari 80 IKM, 25 diantaranya sudah siap berkompetisi di dunia bisnis IKM dengan berbagai jenis produk.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bujil Sani selaku Ketua PPKIM Basel. Menurutnya, dari 25 IKM tersebut sudah ada 4 Poduk IKM yang masuk Produk OVOP (One Village One Produk) kementerian Koperasi dan UMKM. "Alhamdulillah 25 IKM kita sudah siap berkompetisi di pasar dengan berbagai jenis produk dan 4 Produk IKM kami sudah masuk dalam produk OVOP kementerian Koperasi dan UMKM," ungkapnya kepada klikbabel.com, Sabtu (6/1/2018).

Saat ini, secara permodalan jelas Bujil, anggotanya tidak ada lagi kendala karena sudah ada perbankan yang siap memberikan pinjaman modal bagi anggotanya. Namun menurutnya, yang menjadi permasalah saat ini anggotanya mengalami permasalahan biaya dalam pembuatan Izin Pangan Rumah Tangga (IPRT) yang dikeluarkan oleh Dinkes, yang sebelumnya disubsidikan oleh Pemerintah namun saat ini subsidi sudah dihapuskan.

Oleh karena itu, dirinya berharap subsidi tersebut dapat diberlakukan kembali agar para pelaku IKM tidak terbebani dengan biaya tersebut agar nantinya bisa bersaing di pasar IKM serta mendapat bantuanĀ  berbagai peralatan produksi dari Pemerintah.

Sementara itu, Debi Arzian Talo selaku pendamping PPKIM dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Babel mengatakan dirinya akan terus membina IKM-IKM yang baru di Basel serta akan memberikan masukan kepada Dinas terkait kendala-kendala yang dihadapi oleh Pelaku IKM. Dirinya berharap agar Pemerintah Daerah juga lebih peduli terhadapĀ  perkembangan IKM di Basel, terutama berupa bantuan peralatan para pelaku IKM yang masih menjadi kendala para pelaku IKM di Basel.

Loading...
loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com