• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kadus Parit 2 Terancam Pasal Berlapis Akibat Nambang Di Kawasan Hutan

Sabtu, 18 November 2017 | 09:25 WIB
Barang Bukti Milik Junaidi Saat Diangkut Oleh Petugas Kepolisian (Wiwin/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Toboali - Junaidi (39) Warga Dusun Parit 2 Toboali sekaligus Kepala Dusun (Kadus) daerah tersebut ditangkap oleh Anggota Opsnal Kepolisian Resort (Polres) Bangka Selatan (Basel) pada jumat (17/11/2017) di lokasi kolong laut Dusun parit 2 Toboali.

Ia ditangkap karena diduga telah melakukan penambangan ilegal di kawasan hutan kolong laut Dusun Parit 2 Toboali.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Bambang Kusnarianto SIK melalui Kabag Ops, Kompol Erlichson mengatakan, penangkapan Junaidi merupakan hasil pengembangan dua tersangka penambangan ilegal sebelumnya yakni Ayi (35) warga Dusun Parit Gadung dan Mustofo (45) warga Dusun Parit 2 Toboali

"Sebelumya anggota Kepolisian sudah menangkap dua tersangka yang diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan menambang di kawasan hutan lalu dilakukan pengembangan lagi yang kemudian melibatkan Junaidi," jelasnya kepada wartawan melalui pesan Whatsapp Group pada Jumat (17/11/17).

Selain melakukan penangkapan terhadap Junaidi, menurutnya petugas kemudian menggeledah rumah Junaidi dan menemukan 16 kampil timah seberat kurang lebih sekitar 300 kilogram, peralatan penggilingan, alat pembersih timah (bak lobi) dan sakan.

lebih lanjut ia mengatakan, saat ini Junaidi dan Kedua tersangka lainnya sudah diamankan di Mapolres Basel beserta barang bukti berupa pasir timah dalam karung seberat kurang lebih 500 kilogram yang disita dari dua TKP dan barang bukti lainnya untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut.

Junaidi dan kedua rekannya menurut Kompol Erlichson terancam pasal berlapis yakni pasal 89 ayat (1) huruf a jo pasal 17 ayat (1) huruf b UU RI No 18 tahun 2003 tentang Minerba dan pasal 158 UU RI No 04 tahun 2009 tentang Kehutanan.

loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com