• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kantor Bahasa Bersama Pemkot Pangkalpinang Sosialisasikan KTB

Kamis, 16 November 2017 | 15:12 WIB
Sosialisasi Pangkalpinang Tertib Berbahasa (Ruci/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang- Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melaksanakan seminar bahasa sebagai identitas bangsa. Kegiatan di pusatkan di ruang pertemuan Kantor Walikota Pangkalpinang, Kamis (16/11/2017). 

Disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam bahwa dalam rangka peringatan sumpah pemuda lalu Pemkot Pangkalpinang sudah dicanangkan sebagai kota tertib berbahasa (KTB). Hal tesebut diungkapkannya untuk memberikan pemahaman dan pengertian yang berbeda dalam menangkap pengertian. "Seminar tersebut menjadi salah satu upaya untuk sosialisasi KTB," ujarnya.

Hal ini diharapkan akan merambah kepada masyarakat khususnya pemuda agar menggunakan bahasa yang tertib, hal ini pun ditunjukan kepada lembaga lainnya karena dilihat masih banyak di lembaga-lembaga yang masih tidak tertib dalam mengunakan bahasa sehingga tidak sedikit yang gagal dalam mengartikan apa yang disampaikan. 

"Jadi dengan adanya pencanangan dan sosialisi ini kita harapkan semua masyarat serta lembaga dan semua pihak di kota Pangkalpinang sudah memulai mengunakan bahasa yang tertib sesuai dengan bahasa Indonesia yang benar," ungkapnya. 

Sekda tegaskan, setelah dilakukan sosialiasi tersebut pihak nya akan menyampaikan melalui edaran ke lembaga-lembaga untuk menertibkan bahasa yang memang sudah dicampur adukkan dengan kembali mengunakan bahasa Indonesia yang benar.

"Jika memang mau menggunakan bahasa asing, gunakanlah tapi tidak mencampurkan bahasa Indonesia ke dalamnya dan setelah itu harus mencantumkan terjemahannya," kata Radmida. 

Tidak hanya itu, dirinya juga akan melakukan dan memperbanyak sosialisi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga lainya termasuk media massa untuk menggunakan bahasa tertib dalam menyampaikan berita. "Kota tertib berbahasa akan menunjang pendidikan yang baik khususnya di Pangkalpinang. Dan ini harus dilakukan sedini mungkin agar terciptanya generasi hebat terlebih bisa bersaing di luar sana," tutupnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com