• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tekan Penyalahgunaan Napza, KPAD-DWIN Foundation Teken Kesepakatan

Sabtu, 11 November 2017 | 10:54 WIB
Penyerahan tanda kesepakatan pemberantasan Napza di Babel oleh KPAD Babel dan DWIN Foundation.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Guna menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba pada anak, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Institusi Penerimaan Wajib Lapor (IPWL) Yayasan Rehabilitasi NAPZA Dharma Wahyu Insani (DWIN) Foundation menandatangani kesepakatan (MoU). 

Demi kepentingan anak Bangsa terutama anak-anak di Babel, Ketua KPAD Babel Sapta Qodria Muafi mengatakan, MoU tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Daerah Babel No 8 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Anak, dimana KPAD akan merekomendasikan anak-anak terutama anak yang terlibat Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (Napza) untuk dilakukan rehabilitasi, terlebih di tempat yang telah melakukan MoU yang nantinya akan dibiayai oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada yayasan DWIN Foundation yang telah mengajak kerjasama ini. Karena nota kerjasama ini dilakukan agar bisa membantu masyarakat yang anaknya terlibat dan terindikasi penyalahgunaan narkoba atau jenis apapun untuk segera direhabilitasi," ujar Sapta, Sabtu (11/11/2017). 

Dari itu dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah ini untuk ikut serta dalam memerangi, pencegahan, peredaran narkoba terhadap anak-anak usia produktif. Senada disampaikan, Manager DWIN Foundation Babel, Devi Yulianto menyebutkan MoU ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengajak KPAD Babel untuk dapat bersama-sama menekan angka penyalahgunaan narkoba. 

Pasalnya, sejak 2016 lalu angka penyalahgunaan narkoba di Babel sebanyak 5 persen telah menyentuh anak-anak dan remaja mulai dari usia 10 sampai 17 tahun dari total jumlah penduduk 1,3 juta jiwa. "Berkaca pada angka tersebut, menurut kami penyalahgunaan narkotika dan zat adektif lainnya sangatlah tinggi di Babel khususnya pada anak-anak. Untuk itu, kami butuh keseriusan dan dukungan dari masyarakat, karena kami sebagai yayasan IPWL berharap besar atas partisipasi dari semua elemen," pintanya.  

Loading...
loading...


Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com