• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Plt Sekda Beltim Serahkan Penindakan TI Rajuk Gantung kepada Penegak Hukum

Senin, 16 Oktober 2017 | 14:13 WIB
Camat Gantung saat menemui para peserta aksi damai.(Foto : Suharli/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Gantung - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Belitung Timur (Beltim), Ihwan Fahrozi buka suara terkait aksi yang dilakukan sekitar 500 orang asal Gantung di kantor kecamatan Gantung, Senin (16/10/2017). Ihwan memaklumi aksi yang dilakukan warga, terlebih tuntutan kebutuhan terhadap air yang begitu besar.

Namun, tuntutan-tuntutan dalam aksi yang dilakukan warga seperti penghentian aktifitas TI rajuk di kawasan DAS Lenggang itu bukan lagi ranah mereka, melainkan ranah penegak hukum. "Saya beranggapan yang namanya ilegal, itu adalah perbuatan yang harus ditindak. Nah disinilah sebetulnya, Pemda tidak mempunyai kapasitas, karena sudah mengarah ke ranah masalah ke hukum. Kita punya Forkopimda, ada aparat penindakan selanjutnya ini kita serahkan ke penindakan," ujarnya.

Dijelaskan Ihwan, pihaknya hanya sebatas melakukan penertiban bukan lagi penindakan. "Namun penetiban itu bukan merupakan suatu ancaman, atau mungkin suatu pertimbangan bagi pelaku pelaku TI rajuk ini untuk menghentikan aktifitas" ungkapnya (16/10/2017).

"Pada hari ini kita berupaya, ada suatu kekuatan masyarakat yang luar biasa, karena keinginan masyarakat tidak bisa bendung. Kalau memang keinginan masyarakat di tindak, ya ditindak, kalau mau aksi damai, mari kita aksi damai sesuai dengan niat kita," ungkapnya.

Camat Gantung, Khairil Anwar saat menemui warga berpesan kepada warga yang melakukan aksi damai berpesan jangan sampai bertindak anarkis saat melakukan aksi damai. Khairil juga akan membuatkan surat ijin untuk melakukan aksi damai ke kabupaten. Terdapat beberapa poin pada tuntutan warga terhadap aktifitas TI rajuk di daerah itu.

1. Tidak melakukan penambangan TI di sepanjang Sungai Lenggang, yang akan menyebabkan pencemaran air bersih yang disuplai oleh PDAM kecamatan Gantung.

2. Kami minta air PDAM harus bersih demi kesehatan masyarakat pengguna air PDAM.

3. Kami minta kepada kabupaten Belitung Timur agar dapat menindaklanjuti dalam waktu secepatnya.

4. Jika dalam waktu yang telah ditentukan belum ditindaklanjuti, maka kami atas nama masyarakat di 6 dusun, akan melaporkan masalah ini ke instansi yang lebih tinggi.

Loading...
loading...


Penulis  : Suharli
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com