• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BPS Babel : Pendidikan Perlu Perhatian Khusus

Senin, 02 Oktober 2017 | 17:31 WIB
(Foto : net)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Belitung (Babel), Darwis Sitorus memberikan perhatian khusus terhadap pertumbuhan indeks sosial ekonomi di Babel. Menurutnya sektor pendidikan perlu diberikan perhatian khusus. 

"Ini menjadi perhatian kenapa? Indeks kemiskinan oke, indeks kebahagian tinggi. Apakah ada hubungan pendidikan yang rendah itu terhadap kritisi oleh masyarakat, masyarakat kondusif apakah nanti setelah di perjalanan waktu dengan mulai pendidikan semakin tinggi akan semakin kritis ini juga akan dinamis dan angkanya akan bisa berubah ini yang akan kita khawatirkan,"katanya disela-sela acara diskusi IDI di Kantor BPS, Senin (2/10/2017)

"Mudahan-mudahan tidak karena pendidikan tapi walaupun demikian menurut saya pendidikan perlu perhatian khusus karena semua indeks terlihat baik, kondusifitas masyarakat baik. Mungkin pemerintah nyaman sekarang tapi kedepan bagaimana," terangnya.

Untu itu ia mengingatkan agar Pemerintah dapat mencari jalan apabila sektor pendidikan terus mengalami penurunan. "Memang menarik sekali untuk Babel karena segala indikator angka yang baik tetapi itu harus menjadi perhatian, itu dalam jangka pendek bisa diterima tapi ketika jangka panjang bagaimana? untuk melihat data-data ini secara keseleruhan tadi telah mengkerucut di pendidikan rendah jadi belum terlihat," jelasnya.

Sementara, untuk Indeks Demokrasi Indonesia (IDI), Babel menempati ranking 2 dari 34 provinsi dengan nilai 83 persen. "IDI meningkat namun yang menjadi perhatian ketika mengenai hak asasi beragama, secara kita sebenarnya ingin memperbaiki situasi tetapi preseptif indeks demokrasinya mungkin menjadi bukan itu. Perspektifnya kebebasan yang hakiki, tidak lagi ada anjuran atau instruksi dalam hak asasi beragama karena ini mengurangi kebebasan," tutupnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com