• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Disbudpar Beltim Adakan Lomba Cerita Rakyat Belitong

Rabu, 23 Agustus 2017 | 15:35 WIB
Selebaran lomba penulisan cerita rakyat Belitong. (Foto: Suharli/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Manggar - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata(Disbudpar) Kabupaten Beltim mengadakan lomba penulisan cerita rakyat Belitong, guna menggali kembali cerita-cerita rakyat yang ada di pulau Belitung. Kepala Disbudpar Beltim, Helly Tjandra membenarkan rencana lomba penulisan cerita rakyat Belitong.

"Melalui bidang kebudayaan kita coba tahun ini lakukan lomba penulisan cerita rakyat Belitong dalam artian Belitong satu pulau. Yang mana kita inginkan didalam lomba penulisan cerita rakyat ini, mencoba menggali kembali," ujar Helly Tjandra, Rabu (23/8/2017). 

Selain itu, Helly menambahkan jika penulisan cerita rakyat berkaitan erat dengan pelestarian tradisi tentang sastra lisan di pulau Belitong dan membangkitkan minat terutama para generasi muda. Penting dilakukan agar generasi muda mengetahui dengan konteks seni dan budaya serta cerita rakyat.

"Dalam kesempatan lomba ini kita ingin output-nya pertama generasi muda semakin tahu cerita kita. Kedua kita ingin membukukan agar sastra lisan tertulis dalam buku seperti apa yang sudah dilakukan sejak tahun kemarin," kata Helly.

Ia mengakui, selama ini cerita tinggal cerita karena tidak diimplementasikan dalam bentuk fisik. Melalui cerita, Disbudpar mencoba agar generasi muda bisa mengetahui cerita apa saja yang berkembang dan dituturkan dari generasi sebelumnya. "Cerita rakyat banyak mengandung etika dan budi pekerti disamping juga kita inginkan setelah menjadi buku bisa menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang datang kesini," harap Helly.

Kategori tulisan dibagi dalam dua kelompok yakni kategori pelajar dan kategori umum. Karya terbaik akan mendapatkan uang dan piagam penghargaan. Bagi yang berminat disilahkan datang ke Disbudpar, Beltim untuk meminta penjelasan lanjut atau membaca pamflet yang telah disebarluaskan.

Untuk lomba penulisan cerita rakyat Belitong, panitia lomba menetapkan beberapa kriteria. Antara lain, peserta yang ikut adalah individu bukan atas nama sebuah kelompok/sanggar/organisasi. Melampirkan biodata peserta, sekurang-kurangnya nama, jenis kelamin, alamat, pekerjaan dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Karya tulis sudah bisa dikirimkan kepada panitia terhitung sejak tanggal 19 Agustus hingga 25 September 2017. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 9 Oktober 2017 mendatang.

Setiap peserta paling banyak mengirimkan dua karya/cerita yang berbeda. Karya tidak boleh mengandung unsur kekerasan, SARA dan pornografi. Cerita yang ditulis adalah cerita yang berkembang di Beltim. Karya harus karya asli penulis yang belum pernah dipublikasikan di media cetak maupun media online manapun atau diikutsertakan dalam lomba serupa.

loading...


Penulis  : Suharli
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com