• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rio : Orangtua Harus Bijak atas Didikan Disiplin Guru

Jumat, 04 Agustus 2017 | 18:36 WIB
Rio Setiady, Anggota DPRD Kota Pangkalpinang saat diwawancarai wartawan. (Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Kasus kekerasan di dunia pendidikan yang diduga dilakukan oknum Kepala Sekolah di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Pangkalpinang yang berujung laporan ke pihak kepolisian oleh orangtua korban beberapa waktu lalu, mendapat sorotan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang.

Anggota DPRD Pangkalpinang, Rio Setiady mengaku dilematis atas kasus tersebut. Sebab, disatu sisi dirinya memaklumi dan menilai orangtua berhak melakukan protes bahkan sampai proses ke ranah hukum terhadap tindakan yang diterima oleh anaknya. Namun, dalam hal ini ia juga mengingatkan agar orangtua terlebih dahulu harus melihat konteks peristiwa yang terjadi. 

"Saya merasa orangtua harus lebih bijak, karena dalam hal ini kepsek tersebut ingin mendidik anak kita agar jadi lebih baik dan disiplin," ungkap Rio kepada wartawan, Jumat (04/08/2017).

Rio juga mengimbau khususnya Dinas Pendidikan dapat berkoordinasi dengan seluruh sekolah agar lebih mengutamakan tindakan persuasif humanis agar masalah penegakan disiplin jangan sampai melebar, terlebih sampai berujung pada ranah hukum. Sedangkan bagi orangtua siswa harus lebih bijaksana dalam mengambil tindakan setelah mendapat laporan dari anaknya, karena seorang guru atau tenaga pendidik tidak mungkin menyakiti anak didiknya. "Mereka hanya ingin mendidik agar muridnya menjadi orang yang berhasil, " jelasnya. 

Politisi Partai Keadilan Sajahtera (PKS) ini mengajak para orangtua untuk flash back ke masa-masa sekolah dulu, bagaimana kerasnya seorang guru mendidik sehingga menciptakan banyak generasi berprestasi di negeri ini. "Coba kita flash back jaman sekolah dulu pasti merasakan tegasnya didikan para guru dimasa itu, bahkan penggaris patah dan jeweran kuping seperti pemandangan biasa, ini dilakukan demi murid yang dicintainya menjadi orang yang sukses serta berguna bagi Nusa dan Bangsa," kenang Rio. 

Loading...
loading...


Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com