• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Belitung Dorong Pariwisata dengan Pelatihan Vokasi

Kamis, 03 Agustus 2017 | 19:36 WIB
Plang kantor Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung. (Bambang Suherly/ Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel, Tanjung Pandan - Seiring kemajuan pariwisata di pulau Belitung tentunya banyak hal yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemkab Belitung untuk terus menarik wisatawan yang berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi.

Dalam hal ini, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, terus melakukan berbagai pelatihan guna menunjang pembangunan dan meningkatkan pelayanan. 

Menurut Kadinkop, UMKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Belitung, Azhar, pihaknya memberi pelatihan berbasis masyarakat antara lain bidang perhotelan menunjang pariwisata, pelatihan reparasi mesin - mesin kapal laut.

"Karena menurut pemikiran kami kemarin, ketika mesin - mesin kapal itu rusak di daerah Sijuk, Selat Nasik dan Pulau Seliu, mereka bawa ke Tanjung. Kemudian pelatihan kerajinan untuk cinderamata dari Belitung. Itu sekitar 40 orang kemarin kita latih dan ini kita lakukan setiap tahunnya," ungkapnya.

Lebih lanjut Azhar berharap dengan menggeliatnya pariwisata seperti pembangunan hotel - hotel di Belitung, pihaknya akan melakukan pelatihanreparasi AC di hotel - hotel dan juga pemandu pariwisata dengan pelatihan berbahasa asing.

Sedangkan untuk merekrut calon - calon angkatan muda kerja, juga disampaikan pengumuman setiap pelaksanaan tersebut, dimana informasinya sampai ke tingkat kecamatan, kelurahan dan desa.

"Tapi tentunya sesuai dengan tingkat pendidikannya juga. Kalau untuk kegiatan seperti Job Fair kita akan coba nanti kedepan tapi sekarang - sekarang ini belum. Belitung ini punya BLK Pariwisata di Tanjung Kelayang, tapi masih punya Pusat belum dilimpahkan ke Kabupaten Belitung. Bisa jadi memang ada peresmian oleh Pusat, tapi sampai saat ini kami belum mendapat informasi tentang kedatangan Menteri Tenaga Kerja ke Belitung," ungkap Azhar lagi.

Loading...
loading...


Penulis  : Bambang
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com